UKHUWAH WATHONIYYAH, MODAL WIBAWA BANGSA DAN NEGARA DI MATA DUNIA

UKHUWAH WATHONIYYAH, MODAL WIBAWA BANGSA DAN NEGARA DI MATA DUNIA

Tolonglah siapa saja tanpa melihat latar belakang suku, agama dan ras apa pun untuk menciptakan ukhuwah wathoniyyah (D. Kamiludin)

Assalamu’alaikum sobat keren. Pastinya tahu kan kalau Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas, dari Sabang  sampai Merauke terdapat banyak pulau kecil maupun besar. Kekayaan sumber daya alamnya pun sangat melimpah, sehingga sejarah kelam pernah dialami oleh negara kita dimana penjajah pernah menjajah negara kita yang juga menguras sumber daya alam yang kita miliki.

Bahkan untuk mensukseskan misi mereka, para penjajah menerapkan sistem adu domba kepada rakyat Indonesia agar tidak ada persatuan dan kesatuan diantara rakyat Indonesia tersebut. Alhasil kita menelan pengalaman pahit dijajah lebih dari 350 tahun.

Baca Juga : Toleransi Sebagai Kunci Pemersatu Bangsa

Ukhuwah Wathoniyyah, Membangunnya Dalam Masyarakat

Sobat keren, tentunya kenyataan pahit tersebut tidak ingin terulang lagi kan. Kita tidak mau menjadi negara yang terpecah-belah karena sistem adu domba oleh pihak ketiga kan? Karenanya, semangat persatuan dan kesatuan harus dikedepankan, yang mana dalam istilah disebut ukhuwah wathoniyyah.

Ya betul sobat keren, ukhuwah wathoniyyah adalah persaudaran sebangsa dan setanah air yang diperlukan untuk menguatkan kesolidan dan kesatuan di dalam bangsa dan negara kita. Jika semua elemen dalam bangsa dan negara ini bersatu, saling menghargai dan saling tolong menolong tanpa melihat latar belakang suku, agama dan ras apa pun, maka tanpa diragukan ukhuwah wathoniyyah akan tercipta dengan kuat antara sesama warga negara kita.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan; dan Kami telah menjadikan kamu bangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu dapat saling mengenal. Sesungguhnya, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada. ( Al Hujurat : 13 )

Dari ayat di atas jelas, bahwa Allah menciptakan kita berbeda-beda bahkan bersuku-suku untuk saling mengenal dan saling mengisi pastinya. Serta tidak ada yang paling baik atau paling mulia di antara mereka, kecuali mereka yang selalu beramal shaleh, berbudi pekerti luhur dan beriman serta bertakwa kepada Allah.

Dalam satu istilah yang terkenal dikatakan:

حب الوطن من الايمان

Cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Jadi sangat jelas ya sobat keren. Bahwa untuk menciptakan cinta tanah air dan persatuan dalam berbangsa dan bernegara sudah ada landasan dalam agama Islam, artinya bagaimana kita sebagai generasi muda dan milenial berupaya agar jangan sampai pihak ketiga memecah belah bangsa kita dengan isu-isu yang tidak jelas.

Dan sobat keren semua menjadi yang terdepan dalam mengkampanyekan dan mencontohkan serta menerapakan praktek ukhuwah wathoniyyah dalam setiap segi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semoga Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penolong selalu menyertai setiap langkah dan usaha sobat keren semua untuk menciptakan Indonesia yang kuat dan berwibawa di mata dunia. Aamiin.

Baca Juga : Ta’aruf Untuk Penguat Sikap Toleransi

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.