Muslim Adalah Pemaaf

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Sobat keren, kehidupan itu gak selamanya berjalan mulus. Terkadang ada saja masalah-masalah yang harus kita hadapi dan membuat diri kita merasa tidak nyaman. Masalah itu bisa datang dari diri kita sendiri, orang lain, bahkan lingkungan sekalipun. Masalah terbesar dan sering kita alami sebagai mahluk sosial adalah masalah dengan sesama manusia.

Sebagai orang muslim, menjadi seorang pemaaf merupakan suatu kewajiban. Oleh sebab itu, jika kita memiliki masalah dengan orang lain, memaafkan merupakan solusi terbaik. Tidak peduli betapa besar kesalahan yang telah dia lakukan terhadap kita. Apalagi kalo kita yang salah, itu sih wajib banget yaa!!

Sobat keren, tau gak?? Salah satu tujuan islam itu adalah menyatukan hati kaum muslimin loh. Jadi, tujuan ini bakal terealisasi jika kita sebagai orang muslim mau bekerja sama untuk saling berdamai. Nah, gimana sih caranya supaya perdamaian itu terwujud? Yapsss salah satunya adalah menjadi seorang pemaaf tadi sobat keren. Mudahkan?? Yakin deh, sobat keren disini orangnya pemaaf semua kan ya? Hehe.

Terus gimana tuh kalo misalnya malah saudara kita yang berselisih???

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hujurat : 10 :

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Maka damaikanlah diantara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu dikasihani.”

Itu sih udah jelas banget ya sobat keren, Allah SWT memerintahkan kita untuk mendamaikan saudara-saudara kita yang mengalami perselisihan tadi. Ibaratnya, persaudaraan orang-orang mukmin itu merupakan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, seluruh tubuh pasti akan merasakan sakit juga. Oleh sebab itu, mengobati merupakan cara terbaik yang harus dilakukan. Dalam realitanya, pengobatan itu merupakan perdamaian agar hati dapat terobati dan bisa memaafkan satu sama lain. Mendamaikan orang yang berselisih itu tidak mudah loh?? Meskipun ada yang memang tidak mampu mendamaikan, ada juga yang memang tidak mau. Oleh karena itu, mendamaikan ini mesti dibarengi dengan ketakwaan. Jangan pesimis dengan hasil, Allah SWT tidak akan menanyakan berhasil atau tidaknya, tetapi yang akan ditanyakan nanti adalah sampai mana usaha kita untuk mendamaikan.

Jika kita sudah berusaha juga dibarengi ketakwaan, Allah SWT pasti akan membantu kita.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram