HAMPARAN BUMI ADALAH MASJID

HAMPARAN BUMI ADALAH MASJID

HAMPARAN BUMI ADALAH MASJID

Islam Keren

May 14, 2020

Assalamu’alaikum sobat keren.

Allah SWT berfirman :

Hai hamba-hamba-Ku yang beriman ! Sesungguhnya bumi-Ku sangat luas, maka hanya kepada Aku saja kamu menyembah.(QS. Al-‘Ankabut:56)

 Jika kita perhatikan ayat ini, maka kita akan memahami bahwa Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa Dia sudah menciptakan bumi yang begitu luas sebagai hamparan yang digunakan untuk menyembah/bersujud kepada-Nya. Yang jika diperjelas bahwa di bumi mana saja kita bisa bersujud atau beribadah kepada Allah SWT selama tempat itu suci dan bersih.

Sebagaimana dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Hadhrat Abu Sa’id Al-Khudriy ra, bahwa RasuluLlaah ﷺ bersabda:

Seluruh bumi adalah masjid, kecuali kuburan dan tempat pemandian/kamar mandi.(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ad-Darimi dan Ahmad)

Dalam hadits ini dijelaskan bahwa seluruh hamparan bumi ini adalah Masjid yaitu tempat kita dapat bersujud kepada Allah SWT dalam shalat, kecuali tempat yang mana kita dilarang untuk shalat di atasnya yaitu kuburan dan kamar mandi/toilet.

Kemudian dalam riwayat lain yang disampaikan oleh Hadhrat Jabir bin Abdullah ra disebutkan bahwa RasuluLlaah ﷺ bersabda:

Aku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada seorangpun dari Nabi-nabi sebelumku; aku ditolong melawan musuhku dengan ketakutan mereka sepanjang sebulan perjalanan, bumi dijadikan untukku sebagai tempat sujud dan suci; maka dimana saja seorang laki-laki dari umatku mendapati waktu shalat hendaklah ia shalat.(HR. Bukhari-Muslim)

Dalam hadits tersebut lebih diperjelas lagi bahwa dimana saja di bumi ini kita bisa shalat dan bersujud kepada Allah SWT. Yang berarti sesuai kondisi yang ada , maka dimana saja kita bisa shalat dan bersujud kepada Allah SWT selama tempat itu suci dan bersih.

Terutama di masa pandemic saat ini, masih banyak yang bingung tentang adanya aturan untuk ibadah dan shalat di rumah masing-masing. Karena beranggapan bahwa shalat dan ibadah itu harus di Masjid atau Mushalla. Tetapi jika kita membaca dua hadits tersebut jelas bahwa ibadah atau shalat bisa dikerjakan dimana saja bahkan di rumah sekalipun.

Dalam kondisi sekarang, ibadah atau shalat di Masjid bisa saja mendatangkan mudharat bagi diri kita maupun orang lain. Maka hal tersebut justru bukan sesuatu ibadah yang baik. Oleh karena itu, cukup sudah keributan ataupun keberatan tentang aturan ibadah dan shalat di rumah masing-masing.

Yang terpenting adalah kita bisa tetap beribadah dan shalat meskipun di rumah masing-masing bersama keluarga dan juga mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya shalat berjama’ah tersebut.

Serta kita kuatkan doa, semoga pandemic ini segera berakhir sehingga kita bisa kembali beraktifitas normal kembali dan Masjid-masjid bisa kita makmurkan kembali. Aamiin.

Penulis : Dian Kamiludin Achmad

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.