0 2 min 8 mths

Tidak Ada Kesulitan Bersama Allah

Amanda Nabella

December 16, 2020

“Seorang hamba akan menemui kesulitan meninggalkan sesuatu yang diinginkan hawa nafsunya jika hal tersebut dilakukan dengan niat selain Allah Ta’ala. Apabila dilakukan karena Allah semata, dia tidak akan menemui kesulitan yang berarti.” (Ibnul Qayyim)

Assalamu’alaikum warahmatullah, sobat keren.

Dalam keseharian, terkadang kita harus menemui hal yang tidak menyenangkan. Entah ketika berada di sekolah, kampus tempat kuliah, kantor, atau di lingkungan tempat kita tinggal. Tidak semua hal yang ada di depan mata, akan sesuai dengan hati nurani kita. Lalu, bagaimana kita harus menyikapi hal-hal yang harus terpaksa kita tinggalkan?

Nasihat dari Ibnul Qayyim di atas selaras dengan hadis baginda Nabi Muhammad salallaahu ‘alaihi wasallam, “Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” (HR. Ahmad 5/363).

Sobat keren, sebagai seorang muslim yang taat, kita harus memiliki keyakinan bahwa Allah Ta’ala Maha Tahu Segala yang terbaik bagi kita. Dialah perencana terbaik dari segala rencana terbaik yang kita miliki. Artinya, sekalipun kita harus merelakan sesuatu hal untuk ditinggalkan, yakinlah bahwa Allah akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik, sesuai dengan yang kita butuhkan.

Sebagai contoh, apabila seorang hamba meninggalkan penipuan dalam jual beli, Allah akan memberikan keberkahan dalam transaksinya itu (Muttafaqun ‘alaih).

Apabila seorang hamba meninggalkan sifat pelit, dia akan mulia dan termasuk orang yang beruntung (QS. At-Taghabun : 16). Apabila seorang hamba meninggalkan sifat sombong, Allah akan meninggikan derajatnya.

Itu semua adalah janji Allah Ta’ala, yang tidak akan membiarkan umatNya yang taat berduka cita hanya karena mematuhi perintahNya dan meninggalkan laranganNya. Maka sobat keren, percaya dan yakinlah dengan janji Allah, dan bersegeralah bermuhasabah. Semoga Allah Ta’ala menganugerahi kita taufik agar senantiasa terjaga dari sesuatu yang tidak disukai Allah, ya.

 


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *