Tahun Baru, Untuk Kemajuan Rohani Yang Baru

Tahun Baru, Untuk Kemajuan Rohani Yang Baru

Tahun Baru, Untuk Kemajuan Rohani Yang Baru

Qanita Qamarunisa

January 21, 2021

Assalamu’alaikum, sobat keren.

Hari demi hari kita lewati, tak terasa satu tahun pun akan berganti. Sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru 2021 dan menutup pintu tahun 2020 ini. Lalu, apa yang perlu kita persiapkan untuk menyambut tahun baru ini? Membeli kembang api, terompet atau camilan kah?

Akhir tahun adalah waktu yang telah ditunggu-tunggu banyak orang. Dimana kita seringkali menyaksikan semua orang berkumpul dengan rasa bahagia, berpesta pora menghabiskan sepanjang malam dengan gaduh gemuruhnya suara kembang api, tiupan terompet ataupun alunan musik.

Namun, tahukah sobat keren, bahwa bagi Islam tahun baru akan lebih bermakna jika digunakan untuk mengevaluasi dan mengintrospeksi diri kita, bukan dengan berhura-hura semata? Islam mengingatkan kita untuk kembali kepada fitrah tujuan penciptaan manusia yaitu beribadah. Karena seringkali kita sangat mudah disibukkan dengan beragam kesibukan duniawi, namun lupa untuk sejenak merenungkan tentang fitrah dan tujuan penciptaan kita yang sesungguhnya.

Maka dari itu, agar waktu milik kita tidaklah sia-sia, mari sambut detik-detik akhir tahun ini dengan merenungkan kondisi rohani kita. Melihat sudah seberapa jauh kita telah memenuhi kewajiban sebagai seorang muslim, apakah selama ini kita menganggap hal-hal materi adalah segalanya pada tahun lalu, ataukah kita hanya menggunakannya untuk menyusun rencana belaka tanpa melaksanakannya, apakah kita juga sudah cukup beramal serta mencari segala kebaikan dan karunia Tuhan?

Habiskanlah waktu kita untuk berdoa kepada Allah subhaanahu wa taala. Jika kelemahan masih ada dan evaluasi diri tidak memberi ketenangan, maka kita harus terus memperbanyak doa-doa. Semoga Allah ridho dengan kita, mengubah diri kita menjadi lebih baik dan penuh semangat untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT di tahun mendatang, dan seterusnya. Aamiin allahumma aamiin

Tulisan : Qanita Qamarunisa


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.