Shalat tepat waktu, dapatkan keutamaannya!

Shalat tepat waktu, dapatkan keutamaannya!

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لَاسْتَبَقُوا إِلَيْهِ
Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat dalam bersegera (menuju shalat), niscaya mereka akan berlomba-lomba.(Bukhari)

Hadits ini menerangkan berkenaan dengan shalat tepat waktu yang mana ketika bunyi adzan telah terdengar oleh kita maka kita wajib bergegas untuk melaksanakan shalat tersebut tanpa memperdulikan aktivitas yang sedang kita lakukan karena shalat ini adalah suatu panggilan dari Tuhan untuk dapat berkomunikasi dan memohon kepada-Nya. Yang mana Allah telah berjanji bahwa setiap manusia mengerjakan shalat dengan tepat waktu maka Allah akan memberikan ganjaran yang berlimpah kepadanya.

Namun Allah tidak sepenuhnya memberikan ganjaran tersebut di dunia ini, tetapi juga di akhirat nanti karena jika ganjaran tersebut semuanya diperlihatkan di dunia ini maka niscaya semua manusia pun akan berbondong-bondong untuk mendapatkannya. Maka dari itu Allah merahasiakan sebagian nikmat-nikmat-nya supaya dapat menguji sejauh mana iman manusia melaksanakan shalat ini dengan tepat waktu.

Baca Juga :

5 Keutamaan Shalat Tepat Waktu

Lalu apa saja keutamaan bagi kita yang senantiasa menyegerakan shalat? Berikut adalah penjelasannya:

1. Dicintai Allah melebihi berbakti pada orangtua dan berjihad
Shalat awal waktu dicintai Allah, karena saat seorang hamba bergegas melakukan shalat di awal waktu, maka itu adalah salah satu ciri yang membuktikan kecitaannya pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah. (HR Bukhari & Muslim)

2. Surga adalah balasannya
Kecintaan Allah pada hamba-Nya yang sering melakukan shalat tepat pada waktu nya juga terbukti dengan janjinya untuk membalas mendapatkan ganjaran berupa surga

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan”.

3. Diampuni dosanya
Orang yang shalat tepat waktu berarti telah memprioritaskan Allah dan mengikhlaskan dirinya menghadap Allah di waktu terbaik, oleh sebab itu orang yang menghadap Allah dengan ikhlas seperti ini akan digugurkan dosa-dosanya sebagaimana gugurnya dedaunan dari pohonnya.

Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya.
(HR. Ahmad)

4. Pahala kebaikan yang amat besar
Pada hadist lainnya juga disebutkan bahwa, pahala melaksanakan shalat tepat pada waktunya amatlah besar. Jika saja umat manusia mengetahui pahala yang diterima sangatlah besar. Niscaya mereka akan rela berlomba-lomba melaksanakannya sekalipun harus jalan merangkak dan diundi.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa, “…Seandainya orang-orang mengetahui pahala adzan dan barisan sholat (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. 
Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isyak dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)

5. Memperoleh sembilan macam kemuliaan
Utsman bin ‘Affan RA berkata: “Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, eberadaannya selalu dijaga malaikat, umahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.

Itulah keutamaan-keutamaan shalat tepat waktu, semoga kita senantiasa menjadi hamba yang selalu menjalankan ibadah shalat tepat pada waktunya.

Baca Juga :

Share

One thought on “Shalat tepat waktu, dapatkan keutamaannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *