Sedekah Tanpa Nanti, Kunci Temukan Tambatan Hati

Sedekah Tanpa Nanti, Kunci Temukan Tambatan Hati

Sedekah Tanpa Nanti, Kunci Temukan Tambatan Hati

Islam Keren

August 9, 2020

Assalamu’alaikum sobat keren,

Sobat keren, adakah di antara kalian yang sedang menanti sang pujaan hati, jodoh dunia akhirat yang setia sehidup semati? Ternyata, salah satu amalan yang bisa kita kerjakan untuk menjemput jodoh, salah satunya adalah dengan bersedekah. Kira-kira apa ya hubungan sedekah dengan menemukan jodoh?

وَاسْتَنْزِلُوا الرِّزْقَ بِالصَّدَقَةِ

 “Dan minta datangkanlah rezekimu (dari Allah) dengan bersedekah.” (H.R. Baihaqi)

Di dalam hadis tersebut diisyaratkan tentang datangnya rezeki karena sedekah. Jodoh, seperti halnya, harta benda, pekerjaan, bahkan bisa hidup dan bernafas dan memiliki tubuh yang sehat adalah beberapa rezeki dari Allah Ta’ala. Ketika rezeki yang ingin kita dapatkan tak kunjung tiba, maka diantara amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah salallaahu ‘alaihi wasallam adalah dengan bersedekah.

Mungkin kita bisa menganalogikan seperti ini, sobat keren. Ketika kita ingin punya kuota internet supaya jangan sampai mati gaya, kita akan rela merogoh kantong untuk bisa beli pulsanya. Nah, kalau untuk kebutuhan eksis saja kita rela berkorban, masa, iya untuk hal sepenting jodoh kita enggan berkorban?

Di dalam Al-Qur’an surah An-Nur ayat 26 juga disebutkan, Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).

Ayat ini menjelaskan, bahwa seorang yang baik akan dapat yang baik pula. Artinya, jika kita ingin mendapatkan jodoh yang baik, kita harus mau memperbaiki diri terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang dermawan yang selalu ikhlas bersedekah.

Dalam hal mencari pasangan, niat awal kita berkorban, pastinya mencari ridho Allah. Nah, untuk selanjutnya, kita tambahkan dengan doa dan ikhtiar untuk mencari jodoh yang baik untuk dunia dan akhirat. Setelahnya, tentu saja kita serahkan kepada Allah agar Dia meridhoi pengorbanan kita, dan mengirimkan jodoh terbaik untuk kita. Intinya, jika kita ingin mendapatkan hati seseorang, maka kita harus mau mengetuk Sang Pemilik Hati, yaitu Allah subhaanahu wa ta’ala. Dan bersedekah adalah salah satu cara untuk“mengetuk” hati-Nya.

Sobat kerekn, cinta itu butuh pengorbanan lho. Bersedekah adalah salah satu bentuk pengorbanan kita untuk bisa mendatangkan jodoh, sepanjang kita melakukannya dengan penuh keikhlasan di jalan Allah semata. Ketika Dia senang dengan usaha dan kebaikan yang kita lakukan, akhirnya Allah pun mengirimkan jodoh terbaik yang kita harapkan.

Semoga kita semua selalu diberi karunia supaya hati kita selalu tergerak untuk menyisihkan rezeki di jalan Allah, dengan atau tanpa harapan balasan dari-Nya. Aamiin.

Penulis : Dian KamiludinAchmad


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.