Raih Surga Dengan Di Rumah Saja

Raih Surga Dengan Di Rumah Saja

Raih Surga Dengan Di Rumah Saja

Islam Keren

May 5, 2020

Assalamualaikum sobat keren,

Pada tahun ini, tepatnya 3 bulan trakhir ini, kita semua mengalami situasi yang dimana kita harus membatasi segala aktivitas untuk keluar rumah. Baik itu ke sekolah, ketempat kerja dan begitu juga dengan kegiatan beribadah ke masjid yang kita cintai. Ini semua disebabkan adanya wabah yang melanda di seluruh dunia, yaitu Covid-19. Sehingga umat manusia mengalami suatu was-was atau ketakutan yg luar biasa, sebagaimana Allah swt berfirman :

Dan pasti Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan dalam harta, jiwa dan buah-buahan;  dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.(Al-Baqarah:155)

Ayat ini menjelaskan Bahwa setiap manusia akan diuji oleh Allah swt, berupa ketakutan, kelaparan, kekurangan dalam harta, jiwa dan buah-buahan. Di saat-saat ini lah kita sedang meraskan ujian tersebut, diakibatkan Covid-19 umat manusia meraskan ketakutan, kelaparan yg diakibatkan banyak orang yg tidak bisa bekerja pada saat ini.

Tetapi itu semua ujian yang datang dari Allah swt. Di satu sisi lain Allah swt memberikan kita pembelajaran dan hikmah; apalagi disaat ini kita sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dengan adanya wabah Covid-19 ini, segala aktivitas dibatasi. Ini adalah salah satu hikmah ditengah wabah yang kebetulan tepat di bulan suci Ramadhan dimana kita harus stay at home.

Kita ketahui bahwa rumah adalah wibawa bagi seseorang, rumah ada tempat berlindung seseorng. Nah, disinilah Allah swt memberikan kemulian atau kehormatan pada Rumah sebagaimana Allah swt Berfirman :

Hai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu masuk ke dalam rumah yang bukan rumahmu sendiri, sebelum kamu minta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Hal itu lebih baik bagimu, supaya kamu selalu ingat.(An-Nur:27)

Untuk menjaga kemuliaan tempat tinggal kita salah satunya adalah menjadikan rumah tersebut seperti surga sebagaimana kita ketahui istilah “Rumahku adalah Surgaku” ( Baiti Jannati ). Untuk menciptkan surga di dalam rumah, kita harus beribadah di dalamnya sehingga memberikan ketenangan di dalam diri kita, sebagaimana Allah swt berfirman :

Dan Allah telah menjadikan rumah-rumahmu tempat tinggal dan juga telah menjadikan bagimu tempat tinggal dari kulit-kulit binatang ternak, yang kamu rasakan ringan ketika kamu dalam perjalanan dan juga sangat berguna pada waktu kamu mukim; dan juga dari bulu halus, bulu tebal dan rambutnya Dia telah menyediakan bagimu sebagai perkakas rumah tangga dan alat-alat keperluan sementara sampai suatu waktu.(An-Nahl:80)

Agar rumah kita menjadi sumber ketenangan dan ketentraman bagi Keluarga, dan menciptakan generasi yg soleh/sholeha serta kuat dalam ibadah, maka hendaknya rumah berfungsi sebagai :

  1. Rumah berfungsi sebagai tempat sholat dan mengajarkan Al-Qur’an

Nabi SAW bersabda

Kalian di dalam rumah kalian. Sungguh sebaik-baik shalat seseorang adalah (yang dikerjakan) di dalam rumahnya kecuali shalat fardhu” ( HR. al-Bukhari no. 6113 dan Muslim no. 781)

  1. Rumah Berfungsi sebagai tempat meningkatkan keimanan serta sarana tarbiyat anak.

Hai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, tidak mendurhakai Allah terhadap apa pun yang Dia perintahkan kepada mereka; dan mereka mengerjakan apapun yang diperintahkan kepada mereka. (At-Tahrim:6)

Demikianlah Allah swt. Memberikan Ujian pada kita semua di tengah tengah wabah Covid-19 ini agar mengembalikan fungsi rumah kita. yang dimana sebelm wabah mungkin rumah kita hanyalah sebagi tempat singgah saja, atau tempat istrihat saja.Padahal rumah itu memiliki wibawa dan kehormatan yang bisa menjadikannya surga di dunia ini.

Penulis : Rochmad Abdullah

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.