INI ADALAH PERKATAAN YANG DIBENCI ALLAH

INI ADALAH PERKATAAN YANG DIBENCI ALLAH

INI ADALAH PERKATAAN YANG DIBENCI ALLAH

Islam Keren

June 10, 2020

Assalamualaikum sobat keren. Tau nggak apa saja perkataan yang dibenci Allah SWT? Perkataan dapat mengundang keridhoan atau malah sebaliknya mengundang kemurkaan Allah  Ta’ala. Sebagaimana kita ketahui bersama, daya bunuh kata-kata dapat lebih mematikan daripada benda tajam.

Baginda Rasulullah SAW  jauh-jauh hari berwasiat kepada kita untuk berhati-hati menjaga lisan. Sebelum lisan kita melukai orang lain atau bahkan membunuh diri kita sendiri. Ada pepatah yang sering kita dengar. Mulutmu Harimaumu. Sebuah pesan yang diberikan bagi kita bahwa jika kita tidak menjaganya maka dapat melukai dan menyakiti orang lain.

Beliau Saw. Bersabda: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (HR.Bukhari)

Ada suatu kalimat yang sering terdengar sepele. Sering tak sengaja kita ucapkan saat seseorang mencoba mengingatkan kita untuk kembali kepada kebenaran. Kalimatnya cukup menyakitkan. Celakanya bukan hanya orang yang mendengar, akan tetapi enggan untuk kembali berbicara dengan kita, namun Allah Ta’ala pun murka mendengar kalimat itu.

Kalimat bagaimana yang dimaksud?

“Kalimat yang paling Allah benci, seseorang menasehati temannya, ‘Bertaqwalah kepada Allah’, namun dia menjawab: ‘Urus saja dirimu sendiri’.” (HR.Baihaqi)

Baca juga : Gurauan Akhir Zaman : Prank

Beberapa dari kita terkadang salah menafsirkan perbuatan orang lain. Mereka yang dengan tulus memberikan nasehat dan mengajak kepada kebenaran akan tetapi kita balas dengan hardikan. Merasa diri lebih hebat dibandingkan orang lain dan tidak perlu mendapatkan masukan.

Tentu saja selain menutup pintu hidayah untuk diri sendiri kalimat ini juga merepresentasikan kesombongan. Orang lain dianggap tidak lebih baik daripada dirinya sendiri hingga tak berhak mengingatkan perkara kebaikan. Padahal sejatinya terdapat perintah di dalam Al-Qur’an untuk saling menasihati perkara kebenaran.

Jadi Sobat keren, yuk! Bersama kita mulai berlatih menjaga lisan! Jangan asal bicara terhadap orang lain apalagi membuat perasaannya terluka. ingatlah bahwa perkataan yang seperti itu dibenci Allah Ta’ala.

Sebelum pada akhirnya orang lain tidak lagi mau menasihati kita karena takut akan mendapatkan perlakuan serupa. Akhirnya, kita menjadi keras hati dan tidak mau memperbaiki diri.

Lisan yang buruk adalah racun hati, menyebabkan manusia jauh dari Cahaya Ilahi.

Tulisan : Haaris Waseem Ahmad

Note : Jika postingan ini dirasa bermanfaat silahkan untuk menshare kembali.


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

One thought on “INI ADALAH PERKATAAN YANG DIBENCI ALLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.