Perkataan Baik Adalah Sedekah

Perkataan Baik Adalah Sedekah

Assalamu’alaikumm sobat keren, Kenapa sih di kehidupan kita ini baik di kehidupan nyata maupun di kehidupan dunia maya masih banyak orang yang berkata kasar atau kotor? Padahal dibandinglan kata-kata kasar yang dapat menimbulkan situasi yang semakin kacau dan tidak menyelesaikan masalah, perkataan baik justru akan membuat hidup kita tenang.

Kita sebagai umat Muslim bila kita mengetahui ajaran islam ini, melalui kitab suci al-Qurán, sunnah dan juga hadits Nabi Muhammad ﷺ, maka hendaknya kita harus menjauhkan perkataan-perkataan kasar baik itu kepada orang tua, anak, teman-teman, murid-murid, orang di sekitar kita dan lain-lain. Karena Nabi Muhammad ﷺ sebagai nabi yang menjadi panutan kita, nabi yang membimbing kita dan menyampaikan hidayah-Nya kepada kita tidak pernah melakukan kata-kata kasar baik kepada umatnya maupun yang memusuhinya. Sebagaimana beliau ﷺ menasehati umatnya, yaitu:

”Kata-kata yang baik adalah sedekah.” (Bukhori dan Muslim)

Nabi ﷺ juga bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu ruangan yang di dalamnya terlihat dari luarnya dan luarnya terlihat dari dalamnya yang Allah Taála siapkan bagi orang yang memberi makan, berpuasa, berkata lembut, dan shalat pada malam hari sedangkan manusia dalam keadaan tidur.” (HR. Ahmad)

Baca Juga : Sedekah Tanpa Nanti, Kunci Temukan Tambatan Hati

Oleh karena itu hendaknya kita melakukan kata-kata yang baik sebab kata-kata yang baik dan lembut itu dapat menentramkan dan menyejukkan hati baik si pendengarnya maupun juga kita yang menyampaikannya. Berbeda dengan orang yang berbicara kasar dan keras akan Nampak seram pada wajahnya dan orang-orang di sekeliling kita pun akan menjauhinya. Sebagaimana dalam firman-Nya:

“sekiranya engkau bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekellilingmu.” (Ali-Imron : 159)

Sedekah adalah salah satu bagian ibadah habluminannas dan hablumminallah, amalan ini yang selalu Nabi ﷺ lakukan di dalam kehidupan beliau sehari-hari. Meskipun beliau dalam kehidupan yang sangat susah dan penuh kezaliman dari orang-orang yang memusuhi Islam, tetapi beliau tetap berkata baik dan bahkan memaafkan musuh-musuh beliau ﷺ. Karena perkataan baik itu adalah sedekah, dengan sedekah akan mendatangkan kebaikan bagi kita yang memberikan maupun juga bagi si penerima bahkan orang yang menyaksikannya pun menjadi tentram juga.

Sebagaimana baginda Nabi Muhammad ﷺ lakukan dan perlu kita ketahui bahwa sedekah itu tidak hanya dalam bentuk barang saja, akan tetapi ucapan atau perkataan baik pun merupakan suatu sedekah dan inilah sedekah yang tidak memerlukan modal harta/uang. Akan tetapi meskipun sedekah ini tidak memerlukan modal harta, cukup hanya menggunakan kata/ucapan baik saja,namun masih banyak orang yang belum mampu melakukannya yakni berkata baik, akan tetapi sangat disayangkan masih banyak orang yang berkata kasar kepada orang-orang di sekitarnya bahkan terkadang kepada kedua orangtuanya maupun para guru yang mendidiknya (naudzubillah min dzalik).

Kembali kepada sabda Nabi Muhammad ﷺ :
“Bertakwalah kepada Allah meskipun hanya bersedekah dengan sebuah kurma, maka apabila kamu tidak mampu maka berkatalah dengan perkataan yang baik.”(H.R. Bukhori no. 6023 dan Muslim No. 2346)

Kita sadar bahwa setiap apa yang kita lakukan tidak selalu dipandang benar oleh beberapa orang. Namun, tetaplah berbuat dan berkata baik. Karena kita harus yakin jika apapun yang kita lakukan dengan niat baik dan perkataan baik maka akan mengubah sesuatu yang tidak baik menjadi baik. Di saat bulan ramadhan yang penuh beberkat ini kita lebih meningkatkan amalan ini agar ibadah puasa kita meraih berkah dan ridho-Nya. Aamiin

Penulis : Ahmad Hayat H

Baca Juga : INI ADALAH PERKATAAN YANG DIBENCI ALLAH

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.