Peran Pemuda Menuju Reformasi Indonesia

Peran Pemuda Menuju Reformasi Indonesia

Peran Pemuda Menuju Reformasi Indonesia

Islamku Keren

April 9, 2021

Masa remaja merupakan masa di mana seseorang mengalami berbagai macam perubahan baik perubahan mendasar maupun perubahan khusus di dalam dirinya. Di era globalisasi seperti yang kita rasakan pada saat sekarang ini, ada banyak sekali ragam dan jenis serta macam-macam dari tingkah laku, perangai, ataupun perbuatan yang dilakukan oleh para remaja di lingkungan sekitarnya, terkhusus di lingkungan tempat tinggal serta bagi bangsa dan negara pada umumnya. Remaja masa kini atau yang sekarang lebih akrab kita dengar dengan sebutan remaja milenial memiliki banyak sekali potensi yang dapat diambil jikalau pada usia-usia mereka saat ini mereka memiliki kemampuan dan kecakapan yang mapan dalam mengelola dalam tanda kutip memanfaatkan kekreatifan yang mereka miliki tersebut.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, bahkan menduduki peringkat ke-3 di Asia dan ke-4 di dunia. Dari antara banyaknya jumlah penduduk Indonesia tersebut, sekitar 65 juta populasi nya terdiri dari para pemuda pemudi yang mana mereka masih memiliki usia yang sangat produktif untuk melakukan segala bentuk progres di dalam dirinya. Salah satu progres utama yang sangat dibutuhkan serta memerlukan peranan dari para pemuda pemudi tersebut ialah bagaimana menciptakan suatu bentuk reformasi terhadap segala perkembangan kehidupan yang ada di Indonesia ini. Reformasi atau perubahan saat ini sedang sangat digalakan oleh pemerintah demi menciptakan negara Indonesia yang maju serta dapat bersaing di era global saat ini. Adapun bentuk reformasi itu dapat berupa perubahan tatanan hidup menuju era yang lebih maju lagi seperti dalam hal perdagangan, transportasi, sistem pemerintahan, ekonomi, dan lain sebagainya. Itu semua tidak lepas dari peran bangsa Indonesia demi mendukung jalannya Indonesia emas 2024.

Peranan pemuda Indonesia dalam menciptakan reformasi telah dapat kita lihat dari beberapa bentuk produk karya anak bangsa. Seperti contoh reformasi dibidang perdagang yaitu dari aplikasi Tokopedia. Aplikasi Tokopedia merupakan bentuk aplikasi belanja online atau online shop yang diciptakan oleh 2 orang putra terbaik bangsa yakni William Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan kini aplikasi ini telah bertransformasi menjadi unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia Tenggara. Selain dibidang perdagangan, bentuk reformasi yang telah berhasil diciptakan oleh pemuda Indonesia yakni dalam hal transformasi, contohnya yakni Gojek. Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa pengantaran manusia layaknya ojek. Aplikasi ini didirikan oleh Nadiem Makarim yang merupakan lulusan Master of Business Administration dari Harvard Business School. Dua contoh tersebut merupakan sebagian kecil dari hasil torehan para pemuda Indonesia dalam menciptakan reformasi bagi Indonesia. Masih banyak lagi buah hasil pemikiran pemuda Indonesia yang mungkin dapat menjadi motivasi bagi kita untuk bangkit dan ikut serta menciptakan perubahan menuju Indonesia yang lebih maju kedepannya.

Berkenaan dengan kemajuan, Singapura memiliki jumlah populasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan populasi Indonesia.  Bahkan, populasi negara ini 15 kali lebih sedikit dari populasi keseluruhan pemuda di Indonesia. Akan tetapi, negara Singapura jauh lebih maju ketimbang negara kita Indonesia. Bahkan, Singapura menjadi salah satu negara termaju yang ada di dunia. Ini membuktikan jika Singapura mampu memanfaatkan sumber daya manusianya dengan sebaik baiknya sehingga mereka dapat menciptakan suatu inovasi-inovasi baru dalam hal peningkatan kemajuan terutama kemajuan di bidang teknologi. Jikalau Indonesia yang memiliki jumlah pemuda produktif jauh lebih banyak dibandingkan dengan Singapura dapat memanfaatkan seluruh atau sebagian besar pemuda nya untuk menciptakan sebuah reformasi dalam bernegara, tidak akan mustahil negara ini bakal jauh lebih maju di bandingkan dengan negara Singapura. Namun, masih banyak juga kini para pemuda kurang sadar akan jati dirinya sebagai putra bangsa yang kelak akan meneruskan perjuangan dan mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan di negeri ini. Dikarenakan efek negatif dari kemajuan zaman, banyak para pemuda yang kini semakin terjerumus dengan segala keburukan-keburukan yang terdapat dalam kemajuan tersebut. Sudah saatnya kita sebagai pemuda generasi penerus untuk dapat memilah segala perkembangan tersebut dan mencari tau mana perubahan yang membawa kita pada kebaikan ataupun malah perubahan tersebut akan semakin membawa kita pada kesesatan.

Peran pemuda Indonesia dalam hal menciptakan reformasi ataupun suatu perubahan besar memang tak pernah lepas dari sejarah bangsa Indonesia bahkan sedari zaman penjajahan dulu. Sejarah mencatat bahwa organisasi pertama bangsa Indonesia yaitu Boedi Oetomo  didirikan pada tahun 1908 merupakan buah karya dari pemuda-pemuda Indonesia yang bersekolah di School Tot Opleiding Voor Inlandsche Arsten atau biasa dikenal dengan STOVIA. Organisasi ini merupakan organisasi pergerakan nasional pertama yang menginisiasi gerakan pengumpulan dana untuk membantu pendidikan bumiputra. Peranan lain dari para pemuda Indonesia yang berhasil menorehkan sejarah dalam perjuangan mendapatkan kemerdekaan Indonesia adalah pada kongres pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menghasilkan suatu ikrar yang sampai kini masih terus kita kenang dan dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Di dalam sumpah tersebut, pemuda Indonesia mengikrarkan janji akan kesatuan tanah air, bangsa, dan bahasa tanpa memandang adanya perbedaan di antara mereka.

Setelah berkaca dari beberapa peristiwa masa lalu, kita dapat melihat bahwa pemuda masa kini sangat diharapkan oleh bangsa ini demi menciptakan kemajuan yang luar biasa terhadap negeri ini. Presiden pertama kita, bapak Ir.Soekarno pernah berkata “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia.” Kalimat Bung Karno tersebut merupakan suatu gambaran bahwa hanya beberapa orang pemuda saja sudah dapat tergambarkan suatu perubahan yang luar biasa akan terjadi. Pemuda memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung perubahan menuju  kemajuan bangsa. Perubahan tersebut tentu saja dalam artian perubahan positif, dan pemuda yang dimaksud tentu saja merupakan pemuda yang memiliki pemikiran positif demi terciptanya suatu kemajuan.

Pemuda kini dapat menjadi penuntun bangsa dalam menentukan arah kemana bangsa ini akan berlabuh. Dalam artian lain, pemuda adalah kompas penunjuk arah mata angin yang akan membawa bangsa ini menuju tujuan nasional yang telah tercantum di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea ke-4 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Dalam mewujudkan semua itu, pemuda sangatlah diharapkan dikarenakan jiwa yang masih berkobar-kobar dalam mencintai negeri ini. Namun, masih banyaknya pemuda yang melenceng dari perilaku sebagai warga negara yang baik menjadikan peran ini hanya dapat dilaksanakan oleh pemuda yang memang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi dan paham akan maksud dan tujuan dari kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itu, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk saling mengingatkan satu sama lain akan peran dan tugas masing-masing sebagai generasi penerus yakni untuk selalu mencintai negara ini, mengamalkan setiap butir dari nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Dengan terwujudnya sikap cinta akan tanah air, kelak setiap kita sebagai pemuda dapat mampu menciptkan dan menorehkan prestasi kita dalam mewujudkan suatu inovasi-inovasi baru demi terciptanya reformasi berkelanjutan di negara Indonesia.

Sudah saatnya pemuda pemudi Indonesia bergerak untuk menorehkan tinta emasnya di setiap lembaran sejarah negeri ini. Segala bentuk torehan tersebut kelak akan berbekas menjadi suatu perubahan besar yang akan diteruskan oleh generasi penerus setelah kita. Hanya dengan satu titik bekas yang kita tinggalkan, maka untuk seterusnya bakal menjadi suatu bidang yang utuh. Jika mulai dari sekarang kita sebagai pemuda berbenah diri dalam menciptakan suatu reformasi dalam tatanan negara Indonesia, maka untuk seterusnya dapat menjadi suatu hasil maksimal yang utuh dan bermanfaat untuk negeri ini di masa depan. Akan tetapi, jika sedari kini kita tidak menorehkan apapun di kertas kita, maka untuk seterusnya akan sulit untuk menghasilkan suatu karya atau hasil yang sempurna. Dalam artian, jika sedari dini kita tidak berusaha untuk mencoba menghasilkan perubahan yang luar biasa untuk negeri ini, maka generasi-generasi penerus di masa depan kelak akan kesulitan dikarenakan tidak adanya jejak yang ditinggalkan oleh kita sebagai generasi sebelum mereka. Jadi, berikanlah pengabdianmu untuk negeri ini meski itu hanya setetes air saja dari pada tidak sama sekali.

Dari antara 65 juta populasi pemuda di negara Indonesia, apabila keseluruhannya dapat dimanfaatkan dalam membangun reformasi atau perubahan besar maka tak akan heran jika negara ini kelak mampu menyaingi negara-negara lain yang populasinya masih kalah jauh dari negara kita. Itu karena pemuda sebagai bagian dari potensi pembangunan yang mampu berkiprah dalam memajukan bangsa ini dapat dan siap untuk menghadapi segala tantangan gelobal. Selain karena fisik yang menjanjikan juga pemikiran pemuda mampu untuk menangkap segala bentuk perkembangan informasi dan teknologi yang ada. Selain itu, dengan dapat dimanfaatkannya pemuda pemuda usia produktif dalam menciptakan kemajuan bangsa, maka bonus demografi yang telah dijanjika untuk negara ini dapat didapatkan dalam jumlah yang besar serta pastinya akan sangat menguntungkan bagi rakyat Indonesia terutama dalam hal peningkatan sumber daya hidup dan kesejahteraan masyarakat. Itu merupakan salah satu bentuk yang dapat dijadikan  pedoman para pemuda untuk semakin giat dan bersemangat dalam menorehkan segala prestasi yang ada demu terciptanya negara Indonesia yang mampu berdaya saing di kancah internasional.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, jadilah pemuda yang mampu diandalkan dalam setiap hal dalam artian kata hal yang positif yang mampu menciptakan perubahan yang baik mulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Dengan begitu kita sudah mampu untuk belajar bagaimana menjadiu seorang pemuda dan pemudi yang disiplin akan tanggung jawab dan kelak akan mampu menciptakan persaingan yang baik antar negara-negara di dunia demi mengharumkan nama Indonesia. Jadilah pemuda yang menjadi garda terdepan dalam setiap perubahan ke arah yang lebih baik. Torehkan tinta emas mu dalam setiap lembaran kisah negeri ini dan berharap semoga setiap usaha yang kita lakukan dapat berbuah manis terhadap reformasi Indonesia.

Penulis : Danial Ahmad Naipospos


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

63 thoughts on “Peran Pemuda Menuju Reformasi Indonesia

  1. Jujur sih, iya boleh tapi kalo gapapa bukannya nanas kan ya. Kayaknya kijang biru berenang tapi kalo terbang banyak bukannya baru yah?? Entahlah emang gitu sih kata mama tapi kalo kemarin bukan pakai alas kaki
    #bismillah_baca_artikel_rekam_posting_barakallah
    #aldi_taher_jadi_presiden_amerika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.