Merdeka Dan Merawat Bangsa Dengan Cinta

Merdeka Dan Merawat Bangsa Dengan Cinta

Merdeka Dan Merawat Bangsa Dengan Cinta

admin

August 17, 2020

“Tanpa cinta, kemerdekaan hanya laut hampa. Langit yang tak punya cakrawala!”  – Agus Noor.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hallo, sobat keren!

Kata kemerdekaan pasti terdengar lumrah di telinga kita. Bagaimana tidak? Setiap tahun kita selalu merayakan kemerdekaan itu. Sorak-sorak bergembira turut mewarnai negeri ini. Namun, adakah rasa untuk senantiasa menjaga kemerdekaan saat ini?

Saat ini, bukan perang antar negara, tapi perang di dalam negara yang sering terjadi. Bagaimana perang terjadi di dunia maya, pemilu, dan bahkan terjadi pada umat beragama. Para pejuang kemerdekaan dulu sudah mengorbankan nyawa. Sedangkan kita? Hanya tinggal menjaga dan merawat negeri ini saja, kadang-kadang malah berujung pada perang saudara.

Sobat keren, simak sejenak kutipan di awal tulisan ini. Cinta dapat mengubah segalanya. Mereka yang awalnya menaruh kebencian terhadap sesama, dengan adanya cinta akan berubah menjadi persaudaraan dan timbullah kenyamaan.  Timbulkanlah rasa cinta dalam hati kita, karena tanpa cinta semua akan terasa hampa.  Jadilah manusia-manusia yang bermanfaat dengan menebarkan cinta, termasuk di negeri kita sendiri.

Jangan jadikan kemerdekaan sebagai lelucon, tapi jadikan kemerdekaan sebagai motivasi untuk ke depannya. Ingatlah perjuangan orang-orang sebelum kita, supaya kita tidak lupa diri. Jagalah negeri ini dengan cinta. Bukan dengan nafsu. Bukan soal kemenangan atau kekalahan, melainkan soal kesetiaan. Kita diberi amanat dari pendahulu kita untuk menjaga negeri ini. Disitulah kesetiaan kita diuji.

Sobat keren, hidup di zaman kemerdekaan tanpa adanya cinta, tak akan ada artinya. Keistimewaan Islam pun salah satunya karena adanya cinta. Cinta adalah titipan rasa dari Tuhan yang harus kita jaga dan perjuangkan. Meski terkadang jalannya tidak mudah, kita harus tetap menebarkan cinta pada negeri ini supaya kemerdekaan ini tetap terjaga dan utuh.

Sobat keren, kemerdekaan itu sejatinya adalah anugerah yang patut kita syukuri dan kita jaga. Bukan malah membiarkannya begitu saja. Negara yang sejahtera, adil, dan makmur terjadi karena adanya persatuan dari bangsanya yang dilandaskan kecintaan generasinya pada negeri ini. Itulah berkah cinta yang terdapat dalam kemerdekaan negeri ini.

Cinta yang membuat kita merdeka. Maka timbulkanlah rasa cinta, supaya hidup kita tidak terasa hampa. Jalanilah hidup ini dengan cinta karena dengan itu langit akan tersenyum pada kita.

Penulis: Laela


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.