Menjaga Lingkungan, Meraih Keberkatan

Menjaga Lingkungan, Meraih Keberkatan

Menjaga Lingkungan, Meraih Keberkatan

Dina Mariani

June 7, 2020

Assalaamu’alaikum, sobat keren! kita akan membahas mengenai bagaimana menjaga lingkungan sekaligus meraih keberkatan dari Allah Ta’ala.

Tahukah kalian tanggal 5 Juni merupakan hari lingkungan hidup? Nah, hari ini saya akan sedikit membagikan pengalaman ketika tinggal di lingkungan pesisir. Sebelum sampai di tempat tersebut, saya membayangkan akan tinggal di pulau yang indah, air laut yang jernih, hingga dapat melepas lelah hanya dengan bermain-main di pantai.

Namun ternyata, keindahan itu hanya bayangan saja. Saya melihat kebiasaan masyarakat pesisir yang kurang memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Mulai dari perjalanan menggunakan speed boat untuk sampai ke pulau tempat saya akan tinggal, banyak sekali penduduk pulau tetangga yang membuang sampah sembarangan. Mulai dari sisa makanan, puntung rokok, bahkan sampah yang dikumpulkan dalam kantong plastik.

Tak jauh berbeda ketika sampai di pulau tempat tujuan, pelabuhan yang indah dikotori dengan sampah yang mengambang diatas permukaan air. Bahkan sampah yang menumpuk juga menggenang dikolong-kolong rumah panggung.

Baca juga : Bijak Menyikapi Normal Baru

Sangat disayangkan, ini adalah gambaran ancaman kerusakan ekosistem di laut Indonesia, yang dari waktu ke waktu semakin serius. Faktanya, menurut hasil penelitian dari Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), saat ini mikroplastik yang ada di air laut Indonesia jumlahnya ada di kisaran 30 hingga 960 partikel/liter.

Bayangkan beberapa tahun kemudian, apa yang terjadi pada ekosistem laut? Padahal laut adalah sumber penghasilan penduduk pesisir untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Pada Januari 2018 lalu, diberitakan bahwa sampah plastik di laut dimakan ikan teri, dan survei yang telah dilakukan di Universitas Hasanuddin Makassar juga menyatakan bahwa 28 persen ikan yang ada di pasar ikan mengkonsumsi plastik.

Sobat keren, menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Bahkan sebagai seorang muslim, menjaga lingkungan adalah perintah, karena Allah taala telah jelas melarang manusia untuk berbuat kerusakan di muka bumi. Dan laut, tidak terkecuali merupakan bagian dari bumi yang harus kita jaga. Lingkungan adalah harta kita, milik kita, dan warisan yang harus kita jaga demi keberlangsungan hidup anak cucu kita. Sesuai dengan firman Allah Ta’ala

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). [ar-Rûm : 41]

Note : Jika postingan ini dirasa bermanfaat silahkan untuk menshare kembali.


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.