Menjadi Pahlawan di Era Digital

Menjadi Pahlawan di Era Digital

Menjadi Pahlawan di Era Digital

Muhammad Nurdin

March 30, 2020

Assalamualaikum Sobat keren !

Joseph Campbell pernah menulis, “Kamu adalah pahlawan dari kisah hidupmu sendiri”.

Memang sesuatu yang tidak mudah menjadi pahlawan sebesar Jenderal Soedirman, misalnya. Apalagi untuk generasi kita yang sudah terkontaminasi mecin, drakor juga tiktok.

Jangankan untuk memperjuangkan nasib jutaan warga Indonesia, untuk memperjuang si Leni anak mpok Ani menuju mahligai pelaminan saja, lebih banyak janjinya ketimbang… ah sudahlah.

Setiap kita bisa menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri, untuk keluarga, sekolah, lingkungan dimanapun kita berada. Ya, kita adalah pahlawan dari kisah hidup kita sendiri.

Seorang siswa bisa menjadi pahlawan kejujuran, saat uang SPP sekolah betul-betul buat sekolah. Bukan buat beli kuota internet unlimited, apalagi ngajak jalan gebetan. Gak modal banget bukan, ngajak jalan pakai uang SPP? Belum jadi imam pun tak bertanggung jawab.

Seorang warga bisa menjadi pahlawan kebersihan, saat lingkungannya bersih. Bukan karena petugas PPSU yang rajin bersihin, tapi karena keikut-sertaan kita dalam kerja bakti membersihkan lingkungan.

Begitu sederhananya kisah kepahlawanan kita. Tinggal kita, mau memilih jalan untuk menjadi manfaat bagi siapapun, atau sebaliknya?

Dan. Di era digital, kisah tersebut mendapat ruang yang menjadi lebih luas dan simpel. Sebab, kehadiran media sosial telah melepas sekat-sekat sosial kita. Kita bisa terhubung dengan banyak orang tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Era digital adalah era keterbukaan. Saking terbukanya era ini, aib yang selama ini hanya berputar di tetangga rumah, kini mendapatkan lapak-lapak baru di media sosial.

Mau menjadi pahlawanan ataupun sampah masyakarat menjadi sesuatu yang amat mungkin sekarang. Cobalah lihat, bagaimana sampah-sampah digital bersebaran di media sosial. Konten-konten tak mendidik yang nihil manfaat justru lebih digemari. Ketimbang… ya, minimal tulisan ini lah. Hehehe…

Mau jadi pahwalawan di era digital? Ya mulailah dengan share konten-konten bermanfaat seperti yang saya tulis ini… #tsahhhh…

Kini, kamu bisa menjadi pahlawan untuk kisahmu sendiri.

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.