Media Sosial Bukanlah Si Benar

Media Sosial Bukanlah Si Benar

Pikiran bahwa begitu banyak orang mendapatkan berita dari media sosial benar-benar menakutkan (Rush Limbaugh)

Assalamualaikum, sobat keren.

Berbicara mengenai media sosial, pasti kita sudah tahu, bahkan sangat mengenal betul apa itu media sosial. Sebuah media online, yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dengan berbagi, dan menciptakan konten melalui blog, forum, jejaring, dan platform lainnya.

Perkembangan media ini tentunya dapat dirasakan oleh banyak pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Meski demikian, banyak sekali kabar bahwa jenis media tersebut dapat menyebarkan berita, baik positif maupun negatif dengan cepat.

Oleh karena itu, kita perlu menyaring setiap informasi yang baru kita baca, memahaminya, dan tidak terburu-buru menyebarkannya.

Baca Juga :

Dampak Negatif Media Sosial

Nah, sobat keren, dengan adanya media sosial, tentu memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, memperkecil jarak dan waktu, lebih mudah mengekspresikan diri, cepat menyebarkan informasi, dan biaya pun lebih murah.

Namun, tahukah kalian dampak negatifnya?

Kita sering melihat di lingkungan sekitar, terutama pada remaja masa kini yang lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi kurang peduli dengan lingkungan di sekitar. Bahkan, sebagian besar dari mereka sudah menghabiskan lebih banyak waktu di dunia maya. Hal ini dapat mengakibatkan diri kita menjadi individu yang kurang berempati di dunia nyata.

Jadi, bagimana pendapat sobat keren sekalian mengenai media sosial?

Kita harus lebih berhati-hati dan jangan sampai kita lebih candu pada gadget, lalu lupa jika sedang berada di dunia nyata. Lebih teliti dalam mendapatkan informasi, dan tentunya harus dapat membedakan mana yang positif dan mana negatif.

Dari medsos itu kita juga disuguhi berbagai aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan lainya. Dalam hal ini, kita diberikan ruang pribadi, yang dapat mengenalkan diri kita pada khalayak ramai. KIta dapat mengunggah foto, memperoleh teman baru, bahkan berkomentar tentang unggahan orang lain.

Sobat keren, hati-hati, ya! Sejatinya postingan apapun di media sosial merupakan hak asasi semua orang. Namun, ada baiknya untuk tidak memposting sembarangan, karena kita tidak tahu apakah postingan kita itu akan membuat orang lain tersakiti atau menyinggung perasaan orang lain.

Cerdaslah dalam bertindak. Saat ini kita berada dalam revolusi teknologi. Bahkan, saat ini tren memberikan kasih sayang dan perhatian sudah bergeser caranya. Tidak lagi lewat ekspresi verbal, melainkan lewat ujung jari.

Mari jadikan media sosial sebagai sarana untuk meraih ridha Allah Ta’ala, bukan untuk mendapatkan pujian dari manusia.

Baca Juga :

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.