MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Islam Keren

May 6, 2020

Assalamualaikum sobat keren,

Allah SWT berfirman :

“Dan,berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al-Baqarah : 184)

Bagian dari ayat 184 surah Al-Baqarah di atas merupakan satu jaminan bagi kita, bahwa berpuasa itu lebih baik bagi kita. Walaupun tidak disebutkan secara khusus bahwa berpuasa itu baik bagi kesehatan, namun jika lihat kalimat …Dan berpuasa itu lebih baik bagimu mengisyaratkan bahwa dengan berpuasa memiliki banyak manfaat salah satunya adalah bagi kesehatan atau jasmani kita. Karena kita yakin, tak satupun ibadah dalam Islam yang luput dari hikmah dan manfaat jasmani termasuk puasa ini.

Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan:

Berpuasalah agar kalian sehat. (H.R. Thabrani)

Hadits tersebut pun menambah kejelasan tentang manfaat berpuasa ini bagi kesehatan jasmani kita. Apalagi di zaman modern ini, para peneliti dan ahli medis pun sudah banyak yang menyatakan bahwa berpuasa itu bisa menyehatkan tubuh kita. Baik itu peneliti atau ahli medis dari kalangan muslim maupun mereka yang berasal dari non muslim semuanya menyatakan hal yang sama, bahwa berpuasa memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh terutama untuk kesehatan.

Dalam hadits lain pun disebutkan:

Perut adalah rumah penyakit, dan pengaturan makanan adalah obat utamanya. (H.R. Muslim)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa perut kita merupakan rumah atau sumber penyakit dan obatnya adalah pengaturan waktu makan yang baik. Artinya puasa merupakan salah satu cara metode makan yang teratur, yang mana perut diberikan waktu untuk beristirahat dari mengolah makanan atau minuman yang masuk sehingga dengan metode ini perut bisa sehat.

Dalam buku “Why Fast?” karya Allan Contt M.D seorang ahli medis dari Amerika menjelaskan bahwa hikmah atau manfaat puasa antara lain:

  1. Merasa lebih baik secara fisik dan mental.
  2. Melihat dan merasa lebih muda.
  3. Membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.
  4. Lebih mampu mengendalikan syahwat.
  5. Membuat badan sehat dengan sendirinya.
  6. Mengendurkan ketegangan jiwa dan menajamkan fungsi indrawi.
  7. Memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri.
  8. Memperlambat proses penuaan.

Jadi sangat luar biasa manfaat puasa ini bagi jasmani dan kesehatan kita, bukan hanya sebagai ibadah saja ternyata puasa pun memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Allah swt begitu sangat sayang kepada kita, sehingga Dia dengan sifat Ihsannya memberikan salah satu kewajiban ibadah yaitu puasa yang ternyata sangat bermanfaat bukan hanya rohani dan pahala tetapi juga bagi jasmani dan kesehatan tubuh kita.

Semoga Allah swt memberikan taufiq kepada untuk bisa selalu berpuasa khususnya di setiap bulan ramadhan dan puasa sunnah lainnya. Aamiin.

Penulis : Dian Kamiluddin4

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.