Langkah Hijrah Masa Kini

Langkah Hijrah Masa Kini

Langkah Hijrah Masa Kini

Gina Rahayu

January 30, 2021

Assalamu’alaikum wr.wb.

Sobat keren, memutuskan untuk meninggalkan hal-hal tidak baik yang sudah menjadi kebiasaan tidaklah mudah. Dibutuhkan pengorbanan yang besar dalam prosesnya. Namun perlu kita sadari bahwa, di balik setiap kesulitan tersimpan banyak kebaikan. Pertanyaannya, sudah sejauh manakah usaha kita meninggalkan keburukan dan menggantinya dengan kebaikan?

Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 218 dikatakan bahwa :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَٰئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَتَ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, yang berhijrah dan yang berjihad di jalan Allah, mereka itulah yang mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Di dalam ayat ini Allah SWT menjelaskan tentang 3 tiga unsur keimanan seorang muslim yaitu iman, hijrah, dan jihad.

Orang-orang yang mendapatkan karunia untuk beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya tentunya akan mendapatkan banyak rintangan. Tapi mereka yang memilih berhijrah semata-mata untuk mempertahankan keimanannya,  maka mereka telah berjihad di jalan Allah SWT. Hijrah karena keimanan kepada Allah SWT bukan hanya berarti berpindah ke tempat lain untuk mempertahankan keimanan tersebut. Tapi meninggalkan kekufuran karena Allah dan Rasul-Nya pun termasuk hijrah untuk mengamalkan agamanya atau menjaga dirinya dari kesesatan. Hal demikian merupakan jihad di jalan Allah SWT yang diperintahkan oleh Allah SWT serta dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Lalu, bagaimana langkah hijrah yang bisa kita terapkan untuk saat ini?

Meninggalkan segala bentuk keburukan dan memilih berhijrah kepada kebaikan, bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal, teman, pergaulan, hingga kebiasaan buruk yang sebelumnya masih dilakukan. Itu pun sudah merupakan jihad di jalan Allah SWT. Yakinlah bahwa segala bentuk perubahan tersebut dimaksudkan semata-mata hanya untuk meraih ridha Allah SWT.

Maka dari itu sobat keren, jangan enggan untuk berhijrah menjadi lebih baik, ya. Jangan pernah takut untuk berhijrah, karena Allah SWT Maha Pengampun atas segala dosa hamba-hamba-Nya, dan Maha Penyayang kepada kita semua.


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.