membaca Alquran dan keutamaannya
5 5 min 2 mths

Membaca Alquran dan Keutamaannya

Islamku Keren

April 13, 2021

membaca Alquran dan keutamaannya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sobat keren. Saya ingin bertanya, apakah anda hobi membaca? Jika YA, buku apa yang anda baca? Apakah anda suka membaca artikel kesehatan dan sejenisnya? Apakah anda pernah tanpa sengaja membaca gossip artis terkini di media sosial (Dunia Maya) dan kebablasan bacanya sampai selesai? Hehe… Nah pertanyaan terakhir nih, sudahkah anda membaca Alquran hari ini? Jawab jujur ya…

Abu Umamah r.a. berkata, “Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya Alquran itu pada hari kiamat akan memberikan syafaat kepada yang membacanya.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut sudah sangat jelas bahwa membaca Alquran itu tidak akan membuat pembacanya mendapatkan kerugian sedikitpun. Bahkan dalam hadits ini menerangkan dengan sangat jelas jika ketika kita menanggalkan dunia, Alquran bisa menjadi teman sekaligus penolong. Jadi benar-benar sangat disayangkan apabila kita tak membaca dan mengambil manfaatnya.

Baca juga :

Meraih berlipat kebaikan dengan membaca Alquran

 

Seperti yang kitaketahui, kalimat “الحمد لله” (Segala Puji Bagi Allah) dalam surah Al-Fatihah terdiri dari 8 huruf dan setiap kita baca 1 hurufnya dengan benar ada 10 kebaikan (Pahala) untuk kita. Maka 8 huruf × 10 kebaikan = 80 kebaikan, Masya Allah sudah 80 ya kebaikan yang kita peroleh… dan itu pun belum satu ayat kan? Coba hitung sendiri jika 7 ayat dalam Al-Fatihah ini kita baca semua, kira-kira berapakah kebaikan yang kita dapat?

Jika dipikirkan kembali ternyata ada banyak sekali manfaat membaca Alquran, diantaranya adalah dengan membacanya hati menjadi tentram, damai, mendapatkan ketenangan rohaniyyah, dan bahkan bisa menjadi teman curhat juga loh…

Kita sama-sama belajar Alquran yuk sebelum ajal datang menjemput, apalagi nanti bahasa arab itu bahasa resmi di akhirat. Ingat ya! Jangan pernah malu dan takut salah saat belajar Alquran, karena salah itu adalah pangkal dari benar dan untuk yang sudah lancer membaca Alquran jangan ragu apalagi pelit ilmu (Naudzubillah). Ajarilah mereka yang belum mengenal bacaan Alquran. Karena Dalam hadits disebutkan bahwa, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, dan Ibnu Majah). Jadi, tunggu apalagi untuk mengamalkan hadits ini?

Baca juga :

Kitab yang sempurna, Alquran

 

Dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 3 (dengan Bismillah) Allah Swt. berfirman:

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَۛ فِيْهِۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Inilah Kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.”

Dalam ayat tersebut di atas menjelaskan bahwa Alquran adalah kitab yang paling sempurna (tidak ada kecacatan). Ayat ini juga mengandung arti bahwa ajarannya begitu masuk akal sehingga orang berpikir sehat (jernih). Yang menelaahnya dengan pikiran tidak berat sebelah dan tanpa prasangka akan mendapatkannya (Alquran) sebagai petunjuk. Kemudian bunyi هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ (petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa) ini memiliki arti bahwa petunjuk yang termuat dalam Alquran tidak terbatas dan Alquran membantu manusia mencapai taraf kesempurnaan rohani dan menjadikannya semakin layak mendapat rahmat Ilahi (penjelasan ini diambil dari tafsir surah Al-Baqarah ayat 3 (dengan Bismillah), cek di dalam Mushaf Alquran Jemaat Ahmadiyah Indonesia yang diterbitkan oleh Neratja Press).

Setelah membaca uraian di atas apakah masih akan terbesit rasa malas untuk membaca Kitab Suci Alquran? Jika kita bias membaca buku bacaan sampai berlembar-lembar, masa iya baca Alquran tidak sampai satu ruku’ disudahi? Lalu apa yang lebih penting dari Alquran? Sehingga membiarkan Alquran dipenuhi oleh debu dan kotoran sebab tak pernah tersentuh oleh jari jemari kita? Cobalah perlakukan Alquran laiknya handphone yang jika sudah kotor layarnya pasti kita bersihkan supaya gambarnya terlihat jelas kembali dan tidak buram. Bacalah Alquran laiknya kita membaca pesan teks di WhatsApp dan permedsos-an lainnya. Alquran juga bias cemburu dengan hal-hal seperti itu.

Semoga Allah Ta’ala senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua untuk selalu beristiqamah dalam membaca Alquran, melantunkan ayat-ayat-Nya ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Penulis: Risya Herlina

Baca juga :

 


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

5 thoughts on “Membaca Alquran dan Keutamaannya

  1. Semoga kita sebagai umat yang terbaik di akhir zaman memperlakukan Al-Qur’an sebagai sesuatu yang berharga lebih berharga dari pada “intan berlian”. Dan kita lebih mencintai Al-Qur’an daripada semua ikatan cinta manapun di dunia ini, karena melalui Al-Qur’an lah kita bisa mengenal wajah Allah SWT yang indah, dan melalui Al-Qur’an lah kita bisa mengetahui bahwa Hadhrat Rasulullah Saw adalah nabi yang paling mulia dan memiliki akhlak yang paling tinggi dari semua nabi

  2. Alhamdulillah, saya bersyukur menjadi manusia yang hidup di akhir zaman,dan bisa mengenal apa itu imam zaman. Yang selalu mengingat kan dan mengajar kan akan kebenaran.
    Khalifah ke V bersabda,” lebih baik kalian tidak sarapan di pagi hari, dari pada kalian tidak membaca Al-Qur’an”
    MashaAlloh begitu pentingnya membaca Al-Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *