0 2 min 12 mths

Jihad Harta, Berbagi untuk Tenangkan Hati

Islam Keren

August 3, 2020

Assalamu’alaikum sobat keren,

Jihad dengan harta adalah salah satu jihad yang ditekankan dalam Al-Qur’an. Kenapa demikian? Mari kita simak ayat Allah di bawah ini,

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi, yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun tersebut menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai)” (QS. Albaqarah: 265)

Firman Allah taala tersebut, mengisyaratkan pentingnya pengorbanan harta di jalan Allah, hingga dipersamakan dengan kerimbunan kebun-kebun yang senantiasa berbuah lebat dalam kondisi cuaca apapun. Hal ini berarti, pengorbanan harta menjadi penting dalam memberikan ketenangan hati dan menjauhkan diri dari rasa khawatir akan kekurangan.

Dengan adanya jaminan tersebut, maka jihad harta bagi seorang muslim adalah sebuah kenikmatan, agar kita tidak merasa acuh pada pengorbanan dan agar manusia tidak terlena dan tergila-gila pada penumpukan harta. Karena kita harus yakin, bahwa kelak Allah akan melakukan hisab pada harta-harta yang kita punya.

“Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya, dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya, dan sesungguhnyadia sangat bakhil karena cintanya kepada harta” (TQS. Aladiyyat: 6-8)

Jadi, pengorbanan atau jihad harta adalah salah satu bentuk keyakinan kita kepada Allah, bahwa Dialah yang akan mencukupi dan juga yang akan mengambil rasa cukup itu dalam sekejap. Meskipun harta yang kita korbankan di jalan Allah tidak selalu berganti secara lahiriah, namun ada jaminan ketenangan rohani dari Allah taala, yang nilainya jauh lebih berharga daripada semua harta yang kita punya.

Penulis : Yuni Listiawati


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *