0 3 min 5 mths

ISLAM MENGANGKAT DERAJAT SEORANG IBU

admin

January 4, 2021

Assalamu’alaikum sobat keren!

Apa kabar? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan rahmat Allah subhaanahu wa taala. Aamiin.

Sobat keren, ternyata …demikian indahnya Islam, sampai-sampai derajat orang tua kita benar-benar dimuliakan dengan luar biasa.

Telah dijelaskan dalam satu hadits dari Abu Hurairah ra berkata:

“Seseorang datang kepada Rasulullah ﷺ, dan berkata; ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi ﷺ menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi ﷺ menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau ﷺ menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi ﷺ menjawab, ‘Kemudian ayahmu. (HR. Bukhari)

 

Pada hadits tersebut nama ibu sampai di sebutkan sebanyak tiga kali, kemudian ayah. Hal itu menandakan sebuah penghormatan kepada pengorbanan ibu, sejak ia mengandung, melahirkan dan menyusui anaknya. Namun, jasa ayah juga tak kalah besarnya. Tak terhitung pengorbanan ayah, yang merelakan banyak waktunya agar istri dan anak-anaknya terpenuhi kebutuhannya.

 

Dengan perjuangan yang tak ternilai itu, orang tua kita tentu sangat tidak mengharapkan anaknya menjadi durhaka, meskipun bukan berarti mengharapkan balasan yang sama. Karena hal itu tak mungkin terjadi. Tetapi paling tidak, kita sebagai anak, bisa melakukan cara-cara sederhana untuk ayah dan ibu, sebagai bentuk penghormatan kepada mereka.

 

Masa pandemi ini, barangkali menjadi momen yang tepat bagi kita untuk memperbanyak quality time bersama mereka. Mengucapkan “aku sayang ibu”, “aku sayang ayah”, “maaf dan terima kasih” untuk ibu dan ayah, adalah juga sebuah langkah sederhana yang bisa kita lakukan di rumah. Jika kita tidak mampu melakukan hal besar bagi mereka, setidaknya kita harus mau membuat mereka selalu tersenyum setiap harinya.

 

Sobat keren, yuk kita bahagiakan mereka dengan cara sederhana. Berbahagialah bagi kalian yang masih bisa memandang wajah mereka. Raih dan kecup tangan mereka, mohonkan doa, semoga Allah taala senantiasa meridhoi setiap langkah kita. Karena ridho orang tua, adalah ridho Allah juga.

 

Nah, cara sederhana apa yang akan kalian lakukan untuk membuat orang tua bahagia?

Tulis di kolom komentar, ya.

 

Penulis: Mudihah Nur


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *