Ingin Memperoleh Kesuksesan Sejati? Ini Caranya…

Ingin Memperoleh Kesuksesan Sejati? Ini Caranya…

Ingin Memperoleh Kesuksesan Sejati? Ini Caranya…

Islam Keren

June 10, 2020

Assalamu’alaikum sobat keren. Berbicara tentang kesuksesan, tentu tidak ada orang yang tidak ingin sukses. Dan sukses itu adalah hak semua orang, semua bisa memperolehnya. Tergantung upaya dan kerja keras kita dalam memperoleh kesuksesan sejati tersebut.

Kesuksesan bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang beranggapan bahwa sukses itu adalah ketika sudah bisa kerja mapan, berpenghasilan tinggi, punya jabatan, jadi orang kaya dan dihormati banyak orang. Ada juga yang menganggap bahwa sukses adalah ketika berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tertinggi dengan nilai memuaskan, lalu dapat pekerjaan, dan berpenghasilan tinggi juga. Ya, setiap dari kita bebas mendefinisikan apa arti kesuksesan itu sesuai dengan cara pandang, minat, bakat dan kemampuan kita masing-masing.

Memang, menjadi orang kaya, rumah dan mobil punya, uang dimana-mana dan punya jabatan juga, tidak dipungkiri bahwa itu semua adalah bagian dari kesuksesan. Hampir semua orang pasti menginginkannya, karena setidaknya itu bisa member nilai kepuasan dan kebanggaan tersendiri di hadapan orang lain. Dan pastinya, apa pun bentuk kesuksesan itu, yang diharapkan adalah kebahagiaan. Oleh karena itu, kedua hal ini, yaitu kesuksesan dan kebahagiaan adalah sesuatu yang tidak terpisahkan. Seseorang ingin sukses, pasti juga ingin bahagia.

Namun, tentu ada hal-hal lain yang perlu kita perhatikan lebih jauh, agar apa yang kita harapkan tadi, yaitu menjadi orang sukses dan bahagia, benar-benar terwujud pada diri kita masing-masing. Dan tentunya  agar kita pun tidak salah melangkah karena dari awal kita sudah menetapkan juga mendefinisikan kesuksesan dan kebahagiaan yang kita pun belum tahu secara pasti tentangnya. Maka oleh karena itu, perlu kiranya kita memahami apa makna kesuksesan dan kebahagian itu secara utuh dan menyeluruh.

Perlu kita pahami, kesuksesan di saat kita menjadi orang kaya, tidak menjamin menjadikan hidup kita bahagia. Pun demikian, bagi orang yang dalam kondisi ekonominya rendah, tidak punya harta rumah dan tahta yang bisa dibanggakan di hadapan orang lain, disatu sisi bisa saja terlihat seolah tidak bahagia,  tapi keadaan itu tidak juga menjamin bahwa ia tidak bahagia,  bisa saja ia puas dan merasa bahagia dengan keadannya,  bahkan mungkin ia bangga dan menjadi  orang  sukses menurutnya ketika ia memiliki anggota keluarga yang shaleh dan shalehah. Oleh karena itu,  kesuksesan dalam arti memiliki berlimpah harta, ini masih dilihat dari satu sudut pandang saja, yaitu secara duniawi. Dan kesuksesan ini,  baru sebagian kecil dari makna kesuksesan sejati  yang seharusnya kita capai dalam kehidupan kita di  dunia.

Kita tahu bahwa kita lahir dan hidup di dunia ini adalah semata-mata berkat karunia  Allah SWT saja.  Tidak ada yang lahir ke dunia atas kehendak masing-masing. Dan tidak ada juga yang sebelumnya pernah mengajukan semacam proposal kepada Yang Maha Pencipta bahwasanya akan hidup di dunia, inilah bapak ibu saya, di daerah ini saya akan lahir, dan akan punya wajah tampan dengan tubuh yang indah. Tidak ada. Semua ini adalah berkat kasih sayang Allah SWT saja bahwa kita bisa merasakan kehidupan dunia. Pun demikian, tidak ada dari kita yang membawa tujuan hidup masing-masing dalam kehidupan ini.

Baca Juga : Time Flies : Berlalunya Waktu

Tujuan utama kehidupan kita, ya Tuhan juga yang menetapkan. Artinya, kehidupan kita dan tujuan dari hidup kita ini Allah Ta’alalah yang telah menetapkannya. Memang, diri kita masing-masing kemudian membuat berbagai macam goal dalam kehidupan, namun kembali lagi, tujuan utama kita tetaplah  Allah SWT yang telah menetapkannya, dan hendaknya kita penuhi dengan usaha  yang keras. Nah, apa sebetulnya tujuan hidup kita di dunia ini? Allah SWT berfirman :

“Dan tidaklahAku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (Adz-Dzariyat : 56).

Inilah tujuan kehidupan kita, yaitu beribadah dan menjadi hamba Allah SWT. Ini yang sebetulnya hendaknya menjadi pegangan serta menjadi fokus kehidupan kita, karena dengan maksud itulah kita diciptakan. Dan inilah juga letak kesuksesan sejati itu, yakni ketika kita mampu memenuhi maksud dan tujuan kita diciptakan, serta mampu memenuhi tujuan kita diperuntukkan.

Dalam keseharian kita memperlihatkan bahwa sesuatu yang dibuat dengan maksud tertentu, katakanlah sebuah mesin pembuat kopi, akan dikatakan berhasil jika itu benar-benar memenuhi maksud ia dibuat, yaitu menghasilkan minuman kopi yang nikmat. Sebuah pohon durian yang ditanam, dikatakan berhasil ketika tumbuh dan berbuah dengan baik sesuai dengan maksud dari kita yang menanam. Ini gambaran yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Pun demikian dengan kita sebagai manusia sekaligus hamba Allah SWT, dikatakan memperoleh keberhasilan dan kesuksesan sejati ketika kita benar-benar memenuhi maksud agung kita diciptakan, yakni senantiasa beribadah dan menjadi hamba Allah SWT dalam setiap sisi kehidupan kita. Ya, memang kita juga menetapkan semacam tujuan-tujuan, tapi kembali lagi, apa yang kita tetapkan itu hendaknya kita selaraskan dengan tujuan utama kita, dasar pondasi kehidupan kita, yakni beribadah kepada Allah SWT.

Penulis : Muhammad Ali

Note : Jika postingan ini dirasa bermanfaat silahkan untuk menshare kembali.


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

One thought on “Ingin Memperoleh Kesuksesan Sejati? Ini Caranya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *