Ibnu Sina : Menyebar ilmu dengan kebijaksanaan

Ibnu Sina : Menyebar ilmu dengan kebijaksanaan

Ibnu Sina : Menyebar ilmu dengan kebijaksanaan

Islam Keren

Februari 5, 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sobat keren, salah satu tokoh Islam yang terkenal dengan ilmu pengobatannya adalah Ibnu Sina.  Bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā,  beliau merupakan cendekiawan dan bijaksana yang besar dan buku-bukunya masih diajar di berbagai universitas di barat. Pria kelahiran Uzbekistan ini dapat menghafal AlQuran ketika dia hanya berusia 10 tahun lho.

Pada usia 18 tahun, beliau menonjol di bidang medis dan menjadi seorang dokter yang mahir. Makam beliau berada di kota Hamedan di Iran.  Ada beberapa kisah mengenai kecerdasan dan kebijaksanaan beliau misalnya seperti kisah berikut ini guys.

Ibnu Sina menjelajahi berbagai kota untuk menyembuhkan pasien yang tidak dapat mendatanginya. Beliau secara langsung memeriksa pasien lelaki dan secara tidak langsung memeriksa wanita. Metode periksaannya sangat menarik dan menunjukkan keahliannya di spesialisasinya. Dia memegang seujung tali dan wanita yang duduk di belakang pintu harus memegang ujung lain tali itu. Dengan pengaruh detak urat nadi, beliau bisa menentukan sebab penyakit si pasien.

Pada suatu hari, beberapa pemuda ingin mencoba kemahiran Ibnu Sina sebagai Hakim dan Tabib yang besar meskipun demikian dia sangat muda. Mereka membawa se ekor kucing di belakang pintu dan mengikat lehernya dengan tali. Ibnu Sina dengan teliti konsentrasi dan lalu menulis hasil pemeriksaannya. Dia meletakkan resepnya di depan pintu. Mereka dengan cepat mengambil tulisan itu dan melihat Ibnu Sina sudah tulis: “pasien ini memerlukan 100 gram daging dan seekor tikus.”

Terlihat kan bagaimana beliau disini ngerespon orang yang menjaili beliau dengan kebijaksanaan. Jadi kita juga harus bisa gitu ya. Jangan dijailin dikit langsung ngambek. Hadapi aja dengan senyuman terbaikmu.

http://www.hajij.com/id/ethics/memories/item/2490-cerita-yang-menarik-tentang-ibn-sina-avicenna

please follow and share :

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.