Gadget : Peran Dan Pengawasan Orangtua

Gadget : Peran Dan Pengawasan Orangtua

Assalamualaikum Sobat keren, peran orangtua sangat penting untuk mengawasi media online anak. Bila sudah memberi izin pada anak untuk memiliki medsos dalam gadget mereka, maka pastikan pengawasan juga dilakukan dengan baik. Bukan tak mungkin anak mendapat pengaruh negatif, mendapat informasi palsu atau mungkin perundungan di medsos.

Nah, bagaimana peran orang tua agar anak aman dan terhindar dari dampak buruk penggunaan internet?

Baca Juga :

Gadget Dan Peran Orangtua

Pertama, orang tua harus belajar dan mencari tau hal-hal baru yang berhubungan dengan teknologi agar selalu terdepan. Yaitu dengan cara bertanya atau membaca artikel-artikel terbaru mengenai teknologi.

Kedua, orang tua harus mencontohkan penggunaan internet yang sehat dan aman, mengajarkan anak-anak tentang bahayanya media online dan mengingatkan anak untuk bertanya kepada orang tua jika ada pertanyaan atau kesulitan dalam menggunakan internet.

Ketiga, gadget dan sistem operasi komputer yang populer sudah dilengkapi dengan fitur kontrol. Orang tua dianjurkan untuk memanfaatkan fitur ini sebagai pencegahan pertama ketika anak-anak menggunakan internet.

Keempat, jangan menyimpan televisi di kamar anak dan sebaiknya koneksi Internet di gadgetnya dihubungkan ke gadget orang tua sehingga penggunaannya bisa terpantau.

Kelima, orang tua harus memperhatikan dan membatasi interaksi anak-anak secara online hanya dengan teman-teman yang sudah dikenal oleh orang tua.

Keenam, orang tua harus mengingatkan anak-anak tentang pentingnya menjaga imej positif di media sosial yang tidak provokatif dan memalukan, karena hal ini akan menyerang balik di kemudian hari. Ajarkan anak-anak bahwa ketika berinteraksi secara online, mereka harus selalu waspada dan berhati-hati.

Ketujuh, ajarkan anak-anak untuk tidak memasang foto mereka sendiri secara online. Foto yang dipublikasikan ke Internet sangat mudah untuk diubah gambarnya dan disebarluaskan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan upaya demikian, maka si anak akan terselamatkan dari bahaya yang diakibatkan oleh gadget.

Baca Juga :

Share

One thought on “Gadget : Peran Dan Pengawasan Orangtua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *