Cara Sederhana Melestarikan Lingkungan

Cara Sederhana Melestarikan Lingkungan

Cara Sederhana Melestarikan Lingkungan

Raden Ilmi Nurbaeti

June 7, 2020

Assalamualaikum Sobat Keren, selamat hari lingkungan hidup sedunia, ya! Yuk belajar cara sederhana melestarikan lingkungan.

Sobat keren, sadarkah kita semua, bahwa lingkungan di sekitar kita saat ini sudah mengalami banyak kerusakan?

Mengetahui Berbagai Macam Kerusakan Lingkungan Hidup

Bencana alam adalah salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Banjir, Gunung Meletus, Kemarau Panjang, Badai, Tanah Longsor merupakan bencana alam yang dapat merusak lingkungan. Akibat banjir, lapisan permukaan tanah yang subur jadi hilang, tanaman banyak yang rusak, bangunan hasil budidaya manusia juga akan ikut rusak.

Selain banjir, letusan gunung api juga menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan. Aliran lava dan uap panas gunung berapi akan mematikan apapun yang dilaluinya. Duh, serem, ya! Belum lagi debu-debu vulkanis yang bilamana terhirup oleh manusia atau hewan, maka akan berbahaya bagi sistem pernapasan. Kemudian, bila debu vulkanis ini menempel pada dedaunan, maka proses fotosintesis pun akan terganggu, dan lambat laun menyebabkan tanaman tersebut mati.

Sobat keren, ternyata selain karena beberapa proses alam tadi, kerusakan alam bisa juga disebabkan karena aktivitas manusia, lho!

Membuang sampah sembarangan adalah salah satu contoh aktivitas manusia yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Bila kita membuang sampah sembarangan, maka akan menyumbat saluran-saluran air yang ada, sehingga terjadilah banjir. Selain itu, ada juga penebangan hutan secara liar yang bisa menyebabkan tanah longsor. Masih banyak lagi contoh aktivitas manusia yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, pencemaran tanah yang disebabkan oleh sampah anorganik yang tidak bisa diuraikan oleh tanah, pencemaran air yang disebabkan oleh masuknya zat-zat polutan ke dalam air, dan pencemaran suara yang bisa merusak kesehatan psikis dan fisik manusia.

Baca juga : MEREGUK CINTA-MU DARI SETETES MADU

Bagaimana Cara Sederhana dalam Melestarikan Lingkungan ?

Lalu bagaimana cara kita menanggulangi semua itu? Tentu saja akan sangat sulit bila kita yang menanggulangi semua itu seorang diri.

Eitsss, tenang aja! Kita nggak perlu pakai cara yang ribet kok supaya bisa turut serta dalam melestarikan lingkungan. Kita bisa menerapkan cara-cara sederhana untuk mencegah banjir dengan membuang sampah pada tempatnya, atau melakukan penghematan penggunaan air, listrik dan BBM. Dengan melakukan cara ini, kita sudah turut serta dalam meminimalisir pencemaran air dan udara. Cara yang kedua adalah dengan menghemat penggunaan kertas dan pensil. Cara sederhana ini bisa membuat kita ikut berkontribusi dalam melestarikan pohon.

Nah, mudah bukan? Pasti sobat keren juga punya cara tersendiri dalam melestarikan dan menjaga lingkungan, kan? Kita hidup berdampingan dengan alam dan lingkungan. Bila lingkungan rusak, maka kesehatan dan aktivitas kita juga ikutan terganggu. Karenanya, yuk sama -sama jaga lingkungan kita, dan bahu-membahu melestarikan lingkungan!

Note : Jika postingan ini dirasa bermanfaat silahkan untuk menshare kembali.


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.