Merdeka dari Rasa Bosan

Merdeka dari Rasa Bosan

Sebagai akibat dari pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai, pemerintah menetapkan belajar di rumah diperpanjang sampai waktu yang tidak ditentukan. Padahal kita semua pasti sudah sangat bosan karena terus belajar dari rumah. Sebagian dari kita tentu pernah mencari cara agar merdeka dari rasa bosan belajar di rumah ‘kan?

Kita semua pasti sudah kangen situasi belajar di kelas, tapi belum juga tahu sampai kapan harus belajar dari rumah. Tapi tenang, jangan putus asa dulu. Kami punya tips agar tidak bosan belajar dari rumah. Yuk, kita bahas satu-persatu!

Baca Juga :

Tiga Cara Agar Tak Bosan Di Rumah

1. Buat Kelompok Belajar Kecil

Salah satu penyebab rasa bosan belajar di rumah adalah karena kita tidak bisa ketemu dengan teman-teman. Nah, untuk bisa merdeka dari rasa bosan ini, ada baiknya kita membuat kelompok belajar kecil bersama teman-temanmu. Selain bisa saling bantu, kelompok belajar ini juga bisa membangkitkan mood dan motivasi belajar kamu, lho.

Interaksi bersama teman-teman kamu juga bisa menjaga kesehatan mental kamu lebih sehat dan bisa mengurangi rasa terisolasi selama belajar dari rumah pada masa pandemi ini. Apalagi, setelah selesai belajar daring, kalian lanjutkan dengan masak-masak nasi liwet, masakan Korea, atau apapun yang menyenangkan.

2. Ganti Suasana Belajar di Rumah

Belajar dari rumah memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah kita bisa mengganti suasana belajar, sehingga bisa membantu mengatasi rasa bosan. Misalnya, kalau selama ini belajar hanya dilakukan di kamar atau di ruang keluarga, kita bisa pindah belajar di teras atau halaman belakang rumah.

Kalau aku, kadang-kadang juga suka belajar di sawah sambil menunggu bapak bertani. Suasana di sawah yang terbuka bisa membuat kita menghirup udara yang lebih segar, sehingga meningkatkan mood belajar. Hihi, asyik sekali, ‘kan? Tumbuhan hijau yang ada di teras atau belakang rumah juga bisa memanjakan mata saat lelah melihat layar laptop atau telepon genggam.

Jika tidak, belajar sambil mendengarkan musik juga bisa dilakukan untuk menambah mood. Mendengarkan musik memang membuat kita rileks, asalkan tidak mengganggu fokus belajar kita.

3. Lakukan Aktivitas Olahraga Ringan

Salah satu dampak belajar dari rumah adalah kita jadi jarang bergerak. Kalau biasanya, kita perlu jalan kaki untuk sampai ke sekolah. Setelah di sekolah, kita juga mesti berjalan ke kantin saat jam istirahat. Kegiatan jalan kaki ini jadi jarang kita lakukan selama belajar dari rumah. Padahal dengan melakukan gerakan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berjalan santai, bisa membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan mood belajar.

Aktivitas ini bisa kita lakukan saat kita sudah merasa jenuh belajar. Kita bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti jalan santai di rumah, workout ringan, atau yoga. Dengan melakukan aktivitas olahraga, otak akan melepaskan dopamin, serotonin, endorfin, dan adrenalin yang bisa membuat bahagia. Jangan rebahan melulu ya. Hihihi … yuk, semangat!

Nah, sobat keren, jangan cepat jenuh dengan keadaan, ya. Kita bisa menciptakan cara kita sendiri, agar merdeka dari rasa bosan. Dengan begitu, pandemi bukanlah halangan untuk terus fokus belajar.

Baca Juga :

Share

5 thoughts on “Merdeka dari Rasa Bosan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.