Berdamai Dengan Orang Terdekat

Berdamai Dengan Orang Terdekat

Berdamai Dengan Orang Terdekat

Aulia Fauziah

February 14, 2021

 

“Orang terdekatmu adalah anugerah dari Tuhan, damai dan sayangilah mereka.”

Assalamu’alaikum sobat keren.

Manusia dilahirkan sebagai makhluk yang hidup bermasyarakat. Dalam hubungan sosialnya, manusia akan selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Manusia hidup, bukan sekedar untuk hidup, tetapi juga memiliki visi misi dalam menjalani kehidupan. Mengapa begitu? Karena, manusia sebagai makhluk individu dan sosial memiliki peran menjaga kelestarian alam, hubungan antar manusia, dan hubungan dengan Sang Pencipta. Inilah awal dari kedamaian dan kasih saying yang harus tercipta dalam kehidupan.

Kasih sayang merupakan salah satu sifat terpuji yang dicintai oleh Allah Ta’ala. Hal ini mendorong manusia untuk membantu meringankan penderitaan yang dialami oleh manusia lain. Dengan kasih sayang, tercipta kepedulian, kedamaian, dan rasa empati kepada orang lain.

Rasulullahﷺ bersabda:

“Sesungguhnya Allah hanya mencintai hamba-hambanya yang penyayang.” (HR. At Thabrani)

Kasih sayang merupakan karunia Allah Ta’ala kepada hamba-Nya yang Dia kehendaki. Dan kapan pun Allah berkehendak kebaikan bagi hamba-Nya, maka Allah turunkan rahmat pada hatinya. Mengasihi sesama manusia, tak boleh juga memandang suku, ras, dan agama. Karena menyayangi sudah sepatutnya melekat dalam diri kita sebagai makhluk yang tercipta dengan amat sempurna.

Dalam Al-Quran, Allah Ta’ala menganjurkan kita untuk menjaga tali silaturrahmi (hubungan kasih sayang kepada sesama). Bukan tanpa alasan Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kita untuk pandai bersilaturahmi, salah satunya ialah karena dengan berbuat baik, maka kita telah mempraktikkan sifat Allah yaitu Ar-Rahman Ar-Rohim.

Oleh karenanya sobat keren, mari kita banyak bersyukur dengan orang-orang terdekat yang kita miliki, dan penuhi hati kita dengan kasih dan sayang. Pererat tali silaturrahmi dengan orang terdekat, karena kehadiran mereka merupakan anugerah dari Tuhan. Berdamailah dan sayangilah mereka.


Facebook


Twitter


Youtube


Instagram


Spotify

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *