Akar Keberanian Sejati Adalah Sabar

Akar Keberanian Sejati Adalah Sabar

Assalamualaikum Sobat keren !

Bicara tentang langkah awal sebuah  kebaikan, bila kita perhatikan bersama, banyak orang milenial yang tidak teguh pada pendiriannya. Ada yang hari ini katanya hijrah eh hari setelah itu kembali terjerumus  dalam kegelapan. Entah apa yang telah merasuki orang tersebut. Padahal dalam berhijrah, kita harus bersikap syuja’ah.

Min, syuja’ah apa sih? Nah, syuja’ah atau bisa juga disebut syaja’ah menurut istilah itu berarti keteguhan hati, kekuatan pendirian, dalam arti lain juga sebagai keberanian yang berlandaskan kebenaran pastinya harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan perhitungan demi meraih ridha Allah Ta’ala semata. Tapi hal yang sangat disayangkan bagi umat milenial adalah banyak yang berembel-embel hijrah hanya  berlandaskan nafsu semata.

Sobat keren, memang nafsu adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari dalam diri manusia. Manusia tanpa nafsu itu bagai taman tak berbunga. Hehe. Meski tidak bisa dihilangkan, nafsu itu bisa kita kendalikan. Jangan sampai nafsu yang mengendalikan diri kita. Setiap satu langkah awal perubahan haruslah didasari dengan meraih ridha Allah semata. Jangan sampai hanya untuk panjat sosial saja agar disorot awak media.

Sobat keren, tau gak  bahwa hijrah itu bagaikan berjalan melewati jalan gunung. Ada naik ada turun. Ada batu ada kerikil. Ada ranting ada kayu. Semua harus kita lewati dengan baik dan dalam tuntunan-Nya. Jangan sampai baru menemukan kerikil sudah balik lagi menuju kehidupan jalan tol. Mulus, tapi tak kunjung menemukan titik keridhaan-Nya. Jangan sampai kita menjadi pengecut juga, yang tidak memiliki keberanian sejati dalam kebaikan. Sobat keren, tau gak kalau kita dengan binatang itu ada beberapa kesamaan. Salah satunya sama-sama memiliki nafsu. Bedanya, binatang menggunakan nafsu sebagai hal yang melandasi setiap perbuatan, nah kalau kita menggunakan nafsu sebagai pilihan apakah kita mau bijak atau tidak. Maka, yuk jadi orang baik yang melakukan kebaikan karena keberanian dan keteguhan langkan untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan.

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.