Apakah Rasulullah saw pernah marah kepada istrinya?

Apakah Rasulullah saw pernah marah kepada istrinya?

Apakah Rasulullah saw pernah marah kepada istrinya?

Islamku Keren

Februari 7, 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.
Q: Bagaimana Rasulullah saw marah kepada istrinya?

A: Sobat keren ini beberapa hal yang Rasulullah saw lakuin kepada istri beliau kalau istri beliau ngelakuin kesalahan:

1. Memeluk Istri
Diriwiyatkan dalam sebuah kisah bahwa Rasulullah saw pernah ada perasaan marah kepada Aisyah ra. akibat terus menerus cemburu pada Khadijah ra. (istri pertama Rasulullah yang pada waktu itu telah meninggal dunia), kemudian beliau berkata dan memerintahkan kepada Aisyah “Tutuplah matamu”. Maka Aisyah pun menutup matanya. Ketika dalam posisi tersebut beliau mendekat dan memeluk Aisyah sambil berkata “Ya Humaira ku, marahku telah pergi setelah aku memelukmu.” (HR Muslim).

2. Diam
Rasulullah saw pernah marah pada istri nya yang bernama Aisyah ra dan Hafsah ra ketika kedua istri beliau bersikap cemburu yang berlebihan pada Maria ra (salah satu istri Rasulullah). Maria yang dikenal cantik dan berkulit bersih itu mendapat anugrah seorang anak bernama Ibrahim dari Rasulullah (anak itu kemudan meninggal di usia sembilan bulan). Mereka (Aisyah dan Hafsah) bahkan pernah berkata bahwa anak itu (Ibrahim) sama sekali tidak memiliki wajah yang mirip dengan Rasulullah saw. Mendengar hal tersebut Rasulullah saw pun marah dan mendiamkannya.

Allah membenarkan sikap Rasulullah saw tersebut dalam firmanNya :

Dan istri istri yang kalian khawatirkan akan nusyuz hendaklah kamu beri nasehat kepada mereka, tinggallah mereka di tempat tidur kalau perlu pukullah mereka.” (QS An Nisa : 34)

3. Menerima Kesalahan Istri
Dikisahkan ketika Aisyah ra menjemput Rasulullah saw setelah berjihad, sesampainya di rumah Aisyah ra membuatkan minuman untuk beliau dalam kerinduannya yang dalam, biasanya Rasulullah saw membagikan separuh minumannya pada Aisyah ra tetapi kali ini tidak dilakukan. Aisyah ra lalu bertanya, “Ya Rasulullah biasanya engkau memberikan sebagian minuman kepadaku tapi kenapa pada hari ini tidak kau berikan gelas itu?. Hingga tiga kali, setelah tersisa sedikit dan diberikan kepada Aisyah ra maka Aisyah ra minum dan memuntahkannya, ternyata airnya asin karena Aisyah ra salah memasukkan garam ke dalamnya. (HR Muslim).

Tuh sobat keren baru tiga contoh aja sudah nunjukin bagaimana Rasulullah saw sayang dan romantis banget dengan istri beliau. Kesalahan ga perlu disikapi dengan marah yang berlebihan. Terkadang malah perlu dengan nunjukin kasih sayang bisa luluhin hati pasangan kita

please follow and share :

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.