Tiga Tingkatan ‘Afwun

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sobat keren, do you know! dalam ayat ini :

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarah dan memaafkan orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan (Qs. Ali Imran :134)

disebutkan 3 tingkatan ‘afw (memaafkan). Nah pada tahap pertama bila seorang mukmin disakiti ia menahan kemarahannya, lalu pada tahap kedua ia maju selangkah lagi dengan memberi maaf dan ampunan tanpa syarat kepada si pelanggar. And then tahap ketiga, ia bukan hanya memberi maaf, tetapi ia juga melakukan kebaikan tambahan kepadanya.

Nah sobat keren, ketiga tahap ini – menahan amarah, memaafkan dan berbuat baik- telah dicontohkan dengan sangat indah oleh satu peristiwa dalam kehidupan Imam Hasan, Putra Ali ra dan merupakan cucu Rasulullah saw. Dimana seorang budaknya pada satu peristiwa membuat satu kesalahan, nah kemudian Imam Hasan sangat marah dan hampir menghukumnya. Seketika itu si budak membacakan bagian pertama ayat ini, yakni ‘mereka yang menahan amarah.’ Mendengar kata-kata tersebut Imam Hasan menarik tangannya. lalu budak tersebut itu membacakan kata-kata ‘dan yang memafkan manusia.’ Mendengar perkataan itu Imam Hasan dengan serta merta memaafkannya. Budak itu kemudian membacakan, ‘dan Allah memcinta orang-orang yang berbuat kebajikan.’ Oleh karena patuhnya kepada perintah Ilahi, hati Imam Hasan sangat terharu dibuatnya sehingga beliau segera memerdekakan budak itu.

Nah sobat keren begitu agungnya ajaran Islam ini, yuk kita berusaha amalakan dimulai dr langkah terkecil yakni enahan amarah.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram