Tahan amarahmu dengan ini

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Sobat keren, wajar jika kita merasa kesal, marah atau galau akan sesuatu, entah bersinggungan dengan orang lain, salah paham, suatu hal yang tidak sesuai ekspektasi atau keinginan yang tidak tercapai dan lainnya. Sobat, yang ngga baik adalah meluapkan emosi kita berlebihan, dampak dari bergejolaknya hati sangat fatal buat fisik dan psikis kita begitupun berdampak bagi kehidupan sosial.

Rasulullah saw. pernah bersabda dalam hadis dari Abu Hurairah; “Orang kuat itu bukanlah orang yang jago bergulat. Akan tetapi orang kuat adalah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah.” (Muttafaq Alaihi).

Nah sobat, bagaimana jadi orang kuat dan mencegah hal hal buruk dari marah?

Yang pertama, senantiasa membaca Ta’awudz. supaya kita dijauhi dari godaan syetan yang menyesatkan. Ketika emosi, syetan yang ngambil alih, nah jangan kehilangan kendali makanya ya!

Yang kedua, Istighfar, selain mengakui kelemahan, istighfar dapat mencegah kita melakukan perbuatan buruk.

Yang ketiga, olah nafas, ini penting loh guys, tarik nafas dalam-dalam dan buang perlahan, kita bisa sembari istighfar atau ngucapin kata kata positif ke diri sendiri. So, diri kita dapat lebih tenang, berlapang dada serta memaafkan keadaan.

Yang keempat, ubah posisi , berpindah bisa meredam amarah, berpindah dari lokasi kita marah ketempat lain, menghirup udara segar, duduk dan minum air, atau sekedar berpindah kesudut lain. Di hadits juga ada lho, ”Apabila kalian marah, dan dalam posisi berdiri, hendaklah duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendaklah mengambil posisi tidur.”

Yang kelima. Ambil air wudhu. Jika kita masih terbedung emosi, air bersih dapat menyegarkan kita apalagi jika berniat wudhu. Selain tenang dapat pahala juga.

Nah, udah ngerti kan, dengan kelima hal itu kita jadi tau pada saat dirundung emosi, sebagai muslim yang keren kita tau cara meredakannya. Jangan mencak-mencak lagi ya..

please follow and share :

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram