Pahami Manfaat, Agar Tepat Waktu Dalam Shalat

Assalamu’alaikum sobat keren. Tidak ada manusia yang terlahir sebagai seorang ahli. Semuanya sama sebagai bayi, yang membutuhkan bantuan orang lain untuk memulai hidupnya. Semakin besar, orang-orang terdekatnya akan membiasakan sang bayi untuk melakukan banyak hal dengan tepat. Sejak kecil kita dibiasakan mandi dan menggosok gigi, sehingga ketika besar menjadi kebiasaan rutin bagi kita bahwa mandi dan menggosok gigi adalah sebuah kebiasaan baik yang kita butuhkan, karena memberikan dampak baik bagi tubuh, yaitu kebersihan.

Sobat keren, menjadikan sebuah kegiatan sebagai kebiasaan, akan secara otomatis kita lakukan jika kita sudah fokus pada manfaat yang akan kita dapat. Hal ini berlaku, tidak hanya pada aktivitas fisik saja seperti membersihkan diri atau berolah raga, melainkan juga pada kegiatan ruhani seperti salat. Masih banyak orang yang belum bergerak secara otomatis ketika mendengar azan, untuk berwudu dan bersiap-siap mendirikan salat, salah satunya karena belum ada paksaan dalam dirinya untuk mendirikan salat tepat waktu.

Salat adalah sebuah amalan yang bisa mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar (Al-Ankabut/29: 45). Sebuah hadits sahih Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah amalan yang paling utama dan afdhol, adalah salat tepat waktu.

Jika kita merenungkan dengan tenang makna ajakan salat di atas, maka kita akan memahami manfaat salat yang sangat berpengaruh dalam mengubah akhlak dan karakter kita sehari-hari. Dengan menjaga salat, perlahan kita akan merasa malu jika masih melakukan akhlak buruk atau kemaksiatan. Mendirikan salat adalah belajar membiasakan diri beraktivitas dengan merasa terus dilihat Allah. Membiasakan salat tepat waktu adalah membiasakan memenuhi panggilan Allah, untuk berkomunikasi melalui doa-doa langsung di hadapanNya.

Nah sobat keren, setelah kita mengerti manfaat salat bagi perubahan diri kita, Insya Allah kita pun akan memaksakan diri untuk mendirikan salat. Dengan memaksakan salat awal waktu, Insya Allah akan menjadi sebuah kebiasaan yang otomatis kita lakukan seketika kita mendengar azan.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram