Menyikapi Konflik Ala Islamkukeren

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sobat Keren..

Akhir-akhir ini, bukan hal yang sulit menemukan berbagai perselisihan di sekitar kita. Mulai dari hal sepele hingga hal yang menyangkut kepentingan besar terdapat perselisihan didalamnya. Perbedaan pendapat dan isi kepala dengan mudahnya memicu konflik yang dapat melunturkan persatuan.

Menurut penelitian, setidaknya 49% penyebab konflik dikarenakan perbedaan karakter dan prinsip tiap individu. Ya , memang perbedaan adalah rahmat dan karunia dari Allah ta’ala yang harus kita syukuri . Oleh karena itu, adanya pro kontra tidaklah menjadi alasan untuk memiliki konflik dengan pihak yang tak satu pendapat dengan kita.

Namun tanpa kita sadari, kadang kita ikut terprovokasi untuk terjun langsung ke dalam konflik terkait perselisihan baik untuk menentang maupun untuk membela . Hal seperti itu terjadi karena kurangnya pengetahuan untuk dapat menyikapi suatu perselisihan .

So, sebenernya seperti apa sih cara yang tepat dalam menyikapi suatu konflik perselilsihan ?

1.  Menciptakan Suasana Positif.

Ketika sobat keren dihadapi dengan beberapa pendapat yang berbeda dan harus memberikan penjelasan atau sanggahan , maka berbicaralah dengan bahasa yang sopan dan tidak menjatuhkan. Hal tersebut akan meredakan ketegangan dan melahirkan kenyamanan untuk berdiskusi mencari titik temu.

2.  Menumbuhkan Sikap Toleransi.

Hindarilah setiap konflik dengan cara memahami tingkah laku dan cara pandang setiap orang. Terimalah perbedaan tersebut dan jangan pernah memaksakan orang lain untuk menerima sudut pandang yang kita miliki. Hargai pendapat mereka walaupun terkadang ada juga pendapat yang pada akhirnya tidak harus diterima sepenuhnya.

3.  Jangan Menghakimi.

Yang paling memiliki pengetahuan tentang salah dan benar adalah Allah ta’ala. Adalah kesalahan yang besar jika kita dengan satu sudut pandang merasa paling benar lalu tanpa mau mengerti , menyalahkan setiap sudut pandang yang berbeda dengan kita.

4.  Hindari Perilaku Emosional.

Selalu pikirkan hal-hal yang positif dan berpikir panjang sebelum berkata-kata dan bertindak. Sampai kapanpun juga, perselisihan tidak dapat di selesaikan dengan perilaku emosional. Sobat keren tentu mengetahui bahwa emosi negatif dapat membuat suatu hubungan menjadi renggang yang selain itu juga berpotensi menyakiti bahkan yang paling parah, membahayakan keselamatan orang lain.

Sobat keren,

Cara-cara diatas dapat kita terapkan untuk dapat meminimalisir konflik akibat perselisihan. Sebagai generasi millenial yang keren , udah bukan saatnya ngotot dan main tangan saat dihadapi sesuatu yang tidak sesuai pendapat kita. Masih banyak cara keren yang bisa dijadikan jalan keluar untuk mencapai titik temu. Kini kitalah yang harus berada di garda terdepan dalam menjaga keamanan dan perdamaian ditengah keberagaman .

“Jika kita tidak bisa mengakhiri perbedaan,setidaknya bersama kita bisa membuat dunia lebih aman untuk hidup dalam keberagaman dan perbedaan “John F. Kennedy

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram