Menahan marah ala Rasulullah saw

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu.

Sobat keren!! Coba siapa disini yang sering marah-marah? Sebenernya wajar aja sih, karena marah itu merupakan perasaan yang manusiawi. Pasti kalo lagi kesel bawaannya pengen marah-marah terus. Iyakan?? Hayoo ngaku hehe. Tahu gak sih kalo marah-marah itu bisa ngerusak keimanan seseorang loh ? Kenapa coba??

Bayangin aja, kalo kita lagi marah terkadang kita gak sadar atas apa yang kita lakukan dan kita katakan. Gimana kalo perlakuan dan perkataan kita itu mengganggu apalagi sampai menyakiti hati orang lain, tuuh jadi dosa kan. Selain dosa, orang juga bisa benci sama kita. Menahan amarah itu gak mudah loh sobat keren. Setiap orang itu beda-beda dan gak semua orang bisa dengan mudah menahan amarah mereka. Makanya, Rasulullah SAW mengumpamakan orang yang bisa menahan amarah sebagai orang yang kuat.Bahkan Allah SWT menjanjikan surga bagi orang-orang yang bisa menahan amarah.

Ternyata sobat keren,menahan amarah itu susah juga ya. Terus gimana caranya supaya kita bisa menahan amarah?
Jadi, Rasulullah SAW pernah bersabda :

“Apabila seorang dari kalian marah dalam keadaan berdiri, hendaklah ia duduk; apabila amarah telah pergi darinya, (maka itu baik baginya) dan jika belum, hendaklah ia berbaring.” [HR Ahmad V/152, Abu Daud no. 4782]

Intinya, saat amarah itu datang sebaiknya dia mengekang amarahnya sampai rasa hati lebih tenang dan stabil. Saat seseorang berdiri itu menunjukan bahwa dia siap untuk meluapkan amarahnya, maka sebaiknya dia duduk segera karena duduk menunjukan bahwa dia sedikit menurunkan tingkat keangkuhannya. Tapi, jika amarah itu masih sulit dikendalikan sebaiknya dia berbaring sehingga keinginan untuk marah bisa luntur sedikit demi sedikit. Mungkin awalnya sulit sobat, tapi jika hadist ini kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan menjadi sebuah kebiasaan yang keren loh. Sayang banget kan kalo iman kita rusak gara-gara marah doang.
Orang keren itu bukan orang yang bisa mengalahkan orang lain dengan kekuatan, tapi orang keren itu adalah orang yang bisa menahan diri disaat marah.

Yakin masih mau marah??? Nanti ga keren lagi loh hehe..

please follow and share :

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram