Lipat Ganda Karunia karena Berinfak Kepada-Nya

Assalamu’alaikum sobat keren, apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata infak? Kenapa sih seorang muslim harus berinfak? Infak adalah memberikan sumbangan berupa harta atau materi kepada orang lain yang membutuhkan. Betapa indahnya anjuran berinfak di dalam Islam, karena bukan sekadar untuk disyukuri, di dalamnya masih terdapat banyak kenikmatan yang dalam.

Berinfak di dalam Islam, adalah salah satu bentuk pertolongan untuk meringankan beban saudara seumat. Tentu, dengan berinfak kita telah meringankan beban saudara-saudara kita. Banyak saudara-saudara kita yang sedang diuji dengan kemiskinan dan kelaparan, maka menjadi kewajiban kita untuk mengulurkan tangan. Berinfak pun tidak harus besar, walaupun nilainya tidak seberapa, namun jika niatnya tulus lillahi ta’ala, Insyaa Allah ada keberkahan di dalamnya.

Kenikmatan berikutnya dari ketulusan berinfak, adalah meningkatkan rasa syukur. Dengan berinfak, berarti kita memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Artinya, mata kita lebih terbuka untuk melihat ke bawah dan menggenggam segenap rasa syukur atas apa yang kita miliki hari ini, dan mau mengulurkan tangan kita untuk berbagi. Lebih jauh lagi, infak juga sebuah media untuk menghilangkan sifat kikir, dan boros, serta untuk melatih diri menjadi pribadi yang dermawan.

Infak yang dilakukan oleh seorang muslim, adalah sebuah kenikmatan karena akan mendapat balasan dari Allah berupa pahala, dan dibukakan pintu rezeki seluas-luasnya. Insyaa Allah, dengan berinfak yang didasari niat yang baik, maka akan dicatat sebagai amal baik dan dilapangkan rezekinya.

Infak mengajarkan kita menjadi insan yang bermanfaat agar senantiasa mendapat keberkahan. Ya, dengan membantu orang lain, maka kita telah menjadi sebaik-baiknya manusia, yaitu yang bisa memberikan manfaat bagi sesamanya. Jangan lupa sobat, roda kehidupan selalu berputar. Tidak selamanya kita berada di atas, adakalanya kita berada di bawah dan butuh uluran tangan dari orang lain. Selain itu dengan memberi, kita akan mendapatkan keberkahan berupa doa tulus dari yang menerima uluran tangan kita.

Maka, mulailah membiasakan diri untuk berinfak, tanpa terlalu terpaku pada nominal. Sesuaikan saja dengan kemampuan masing-masing. Infak juga tidak harus menunggu kaya kok, sobat keren. Berbagi walaupun sedikit, jika ikhlas, Insyaa Allah akan bermanfaat.

Dari sekian banyak kenikmatan-kenikmatan berinfak, namun kenapa, ya, masih saja ada di antara kita yang merasa berat untuk berinfak?

Jawabannya, karena manusia sering termakan hawa nafsu, sehingga batinnya tidak pernah merasa puas dan selalu merasa kurang. Ditambah, ketakutan akan berkurangnya harta mereka yang terus menghantui. Betul logikanya, jika kita member harta, pasti harta kita akan berkurang. Padahal, anggapan ini salah besar. Justru dengan memberi, harta kita akan bertambah. Loh, bagaimana mungkin dengan member justru menambah jumlah harta? Menurut hitungan matematika, hal itu jelas tidak masuk akal. Contohnya, jika kita punya uang seratus ribu rupiah, kemudian diinfakkan setengahnya, maka uang kita berkurang dan tersisa lima puluh ribu rupiah.

Tapi sobat keren, matematika Allah dan matematika manusia tidak bisa disamakan. Menginfakkan harta yang kita miliki dengan niat yang tulus untuk membantu, justru akan menambah harta kita. Allah berjanji akan melipat gandakan karunia bagi orang-orang yang berinfak di jalan-Nya. Tidak ada yang tidak masuk akal dengan janji Allah dalam setiap firman-Nya. Seperti yang ditekankan dalam sebuah hadits,  “قَالَاللَّهُأَنْفِقْأُنْفِقْعَلَيْكَ , dari Abu Hurairah Allah berfirman “Berinfaklah engkau, niscaya Aku member infak kepadamu.” (H.R.Bukhari No.6942-Kitab Tauhid)

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang berinfak, maka Allah juga akan berinfak padanya, yaitu dengan membukakan jalan rezeki melalui perantara hamba-Nya yang lain. Artinya, Allah akan ganti apa yang telah kita keluarkan. Berinfak tidak membuat harta-harta kita lenyap, apalagi sampai jatuh miskin. Justru Allah akan mengganti, menambah, bahkan melapangkan lading rezeki kita dengan beragam jalan yang tak disangka-sangka. Jadi, jangan ragu untuk berinfak ya, sobat keren!

 

1 thought on “Lipat Ganda Karunia karena Berinfak Kepada-Nya”

Comments are closed.

Postingan Terbaru