Lanjut Puasa? Bisa Kok Yang Sunnah

Lanjut Puasa? Bisa Kok Yang Sunnah

Lanjut Puasa? Bisa Kok Yang Sunnah

Ikho Aulia Sani

August 8, 2019

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Hai sobat keren.. Gimana nih kabarnya hari ini?? Semoga selalu sehat wal aafiat yaa.. Ohh ya.. Selepas bulan ramadhan kemarin yang mana dibulan itu kita melaksanakan puasa wajib, dan dibarengi dengan menghatamkan Al-Qur’an, Sholat Tahajud, dan Sholat Dhuha serta amalan- amalan lain disamping wajibnya berpuasa, apakah masih berlanjut hingga hari ini? Sebaiknya, kita harus tetap melaksanakan amalan- amalan sunnah yaa sobat keren meskipun bulan Ramadhan telah jauh berlalu.

Seperti yang disampaikan oleh Aisyah –radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda,

 أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. (HR. Muslim no. 783)

Jadi, suatu amalan ( perbuatan ) yang dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang dikerjakan dengan tempo yang berkelanjutan atau terus menerus. Contohnya seperti kita membaca Al-Qur’an, akan lebih baik jika kita membacanya hanya satu halaman namun dikerjakan secara terus menurus dibandingkan membaca Al-Qur’an berlembar – lembar namun dikerjakan hanya dengan waktu seminggu sekali. Jadi sebaiknya kita melaksanakan suatu amalan harus dengan berkelanjutan meskipun sedikit karena itu akan lebih baik dan dapat berpengaruh signifikan sama perbuatan kita.

Puasa juga gitu lho. Kita masih bisa menjalankan puasa sunnah di hari-hari setelah bulan Ramadhan. Selain jadi sarana latihan kita sebelum menuju Ramadhan berikutnya puasa sunnah ini juga memiliki banyak pengaruh rohani terhadap keimanan kita. Ada puasa senin-kamis, puasa nabi Daud, dan yang lainnya.

Nah, kita pasti mau kan jadi umat yang selalu dicintai oleh Rabb-Nya? Oleh karena itu, ayoo kita laksanakan kembali apa – apa yang kita laksakanan dibulan Ramadhan lalu. Jangan berhenti, supaya Rahmat serta KaruniaNya tetap kita rasakan meskipun Bulan Ramadhan telah berlalu.

[DISPLAY_ULTIMATE_PLUS]

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *