Berlaku Adil Dalam Kondisi Tersulit Sekalipun

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu,

Sobat keren, Allah SWT Berfirman dalam surah An Nisa : 135 :

“Hai orang-orang beriman, jadilah kamu orang-orang yang menjadi penegak keadilan. dan jadilah saksi karena Allah walaupun bertentangan dengan dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabat. baik ia orang kaya atau miskin, maka Allah lebih memperhatikan kepada keduanya. karena itu janganlah kamu menuruti hawa nafsu agar kamu dapat berlaku adil. dan jika kamu menyembunyikan kebenaran atau mengelakan diri maka sesungguhnya Allah itu Maha Mengetahui segala sesuatu yang kamu kerjakan.”

Di dalam ayat di atas disebutkan bahwa jadilah kita sebagai penegak keadilan. Misalnya pada suatu ketika kita dimintai sebagai saksi atas kekhilafan yang dilakukan oleh orang tua kita, lalu kira-kira kita harus bagaimana ya sobat keren?

Dalam satu sisi, mereka adalah orang tua kita, yang merawat kita dari sejak lahir, tetapi di sisi lain kita dimintai pertanggungjawaban untuk menjadi seorang saksi.

Nah, menurut ayat di atas sangat jelas bahwa kita diwajibkan untuk menjadi seorang penegak keadilan meskipun hal tersebut bertentangan dengan ibu maupun bapak kita. Berarti jelas ya sobat keren pada kondisi seperti itu tetap kita harus mengutamakan keadilan, artinya kita harus menjadi saksi yang adil yang tidak memihak walaupun dalam hal ini kepada orang tua kita.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram