Berbeda Itu Anugerah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Sobat keren, Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan Negara kita Indonesia, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini menggambarkan bahwa kita bersatu, satu Indonesia dan menyiratkan bahwa Indonesia tidak terlepas dari perbedaan suku, agama, ras dan golongan. Betapa kayanya budaya yang ada di negeri kita. Ir. Soekarno pernah mengumpamakan bangsa Indonesia sebagai sapu lidi yang terdiri dari beratus ratus lidi. Jika tidak diikat lidi tersebut akan tercerai berai, mudah dipatahkan. Begitu pun kita sebagai rakyat Indonesia harus bersatu agar tidak ada yang bisa memecah belah keragaman dan perbedaan yang kita miliki.

Namun yang terjadi di Indonesia beberapa saat belakangan ini. Agama selalu menjadi persoalan yang selalu diperdebatkan dan dipermasalahkan, bahkan agama dianggap sebagai sumber kekerasan dan radikalisme. Sebagian orang memandang rendah agama yang dianut oleh orang lain, merusak rumah ibadah, menyebarkan kebencian terhadap tokoh agama dan penganut agama lain. Hal ini dipicu oleh sikap Intoleran yang dimiliki sebagian orang, dan mencap bahwa agama yang dianut olehnya lah yang paling benar dan orang yang berbeda dengannya pantas dipersalahkan. Padahal semua agama mengajarkan kita kepada kebaikan, kebenaran dan perdamaian. Semua agama sepakat akan hal itu, namun hanya cara beribadahnya saja yang berbeda. Indonesia secara resmi memiliki 6 agama yang telah diakui dan kita harus menghormati dan menghargai hal itu, karena setiap orang mempunyai dasar untuk menganut agama yang mereka percayai. Jangan sampai kita menjajah tanah air kita sendiri dengan beragam konflik tentang suku, ras, agama dan golongan. Justru hal itu harus menjadikan kita bisa bersikap toleran, dan bersyukur atas keberagaman yang kita miliki. Jika kita mengaku beriman dan percaya akan adanya Tuhan, pasti kita akan meyakini dan memahami sebab Tuhan menciptakan keberagaman tersebut.

Sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an surah Ar-Rum ayat 22 :

“Dan dari antara tanda-tanda Nya ialah penciptaan seluruh langit dan bumi, perbedaan bahasa dan warna kulitmu. Sesungguhnya dalam yang demikian itu ada tanda-tanda bagi mereka yang berilmu.”

Kemudian terdapat juga didalam surah Al-Hujurat ayat 13 :

“Hai manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan; dan kami telah menjadikan kamu berbangsa –bangsa dan bersuku – suku, supaya kamu saling mengenal, sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah yang paling bertaqwa. Sesungguhnya Allah maha mengetahui , maha waspada.”

Nah, maka dari itu kita sebagai manusia yang beriman, kita harus senantiasa menciptakan dan menjaga perdamaian di antara umat manusia. Keberagaman itu adalah keniscayaan dan perbedaan itu sendiri merupakan sebuah anugerah dari Allah Ta’ala. Jadi berkasih sayang dan saling mencintai adalah cara kita mensyukuri anugerah dari Sang Khalik tersebut.

Follow by Email
Facebook
Twitter
Instagram